Selalu merasa ada masalah, rendah diri, cemas berlebih dan sering menangis. Apa yang terjadi pada saya?

T Info Penanya: T, Wanita, 19 Tahun
Dok, saya mengalami hal ini saat saya duduk di bangku kuliah, yakni sekitar 1thn yg lalu. Mengapa saya selalu merasa bahwa saya adalah masalah, saya selalu merasa diri saya tidak pantas dan semua salah daya jika saya bertemu dengan orang yang terlalu baik pd saya. Saya selalu merasa bahwa saya = masalah. Cemas berlebih pada tugas/hal yang akan terjadi, serta sering menangis karena merasa saya tidak pantas ada dan semua yang terjadi sekarang ini atas kesalahan saya. Lalu mood saya yang semakin sering naik turun, gampang marah/kesal, dulu saya begitu namun mood tidak separah sekarang. Jadi apa yang terjadi pada saya? Terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, T

Terima kasih atas pertanyaannya.

Keluhan yang Anda rasakan merupakan gangguan kecemasan yaitu rasa gugup, takut dan khawatir yang mempengaruhi emosi dan perilaku. Sehingga dapat menimbulkan juga gejala fisik. Misalnya tekanan darah meningkat. Karena pada saat menghadapi sesuatu hal yang membuat Anda cemas, tubuh akan mengeluarkan adrenalin. Ada beberapa jenis gangguan kecemasan dengan penyebab dan gejalanya masing-masing.

Gangguan kecemasan umum adalah gangguan kronis yang melibatkan rasa cemas yang berkepanjangan atas suatu peristiwa, benda atau kondisi yang tidak spesifik. Merupakan gangguan kecemasan yang paling sering terjadi. Kemudian gangguan panik, bisa mengakibatkan Anda mual, pusing, gemetar dan sulit bernafas. 

Kemudian ada juga fobia, yaitu rasa takut yang tidak rasional terhadap suatu peristiwa atau objek. Fobia ada suatu objek yang spesifik dan dianggap tidak penting bagi orang lain seperti badut, balon dan sebagainya. Obsesive Compulsive Disorder (OCD) yaitu gangguan dimana timbul pikiran atau tindakan berulang seperti mencuci tangan berulang. Selain itu ada juga Post Traumatic Stres Disorder (PTSD) yang disebabkan suatu trauma seperti kekerasan waktu kecil, kecelakaan, pelecehan seksual sehingga akan selalu diingat.

Kemudian pada kasus Anda kemungkinan gangguan kecemasan sosial dimana Anda merasa takut dianggap negatif oleh lingkungan sekitar. Misalnya demam panggung, takut untuk dekat dengan orang lain atau takut mendapatkan hinaan. Lebih lengkapnya dapat Anda simak di artikel mengenai gangguan kecemasan sosial.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Delusi merupakan suatu kepercayaan yang kuat akan sesuatu namun tidak sesuai dengan kenyataannya

Mengenal 6 Jenis Delusi

Delusi adalah suatu kepercayaan yang kuat akan sesuatu namun tidak sesuai dengan kenyataannya. Delusi dapat dialami oleh penderita skizofrenia, psikosis, dan bipolar. Delusi memiliki 6 jenis yang mungkin tiap penderita berbeda-beda dalam mengalaminya.