Selalu lemah syahwat kecuali minum obat kuat

AF Info Penanya: AF, Pria, 28 Tahun
Dok knpa ya sa at berhubungan saya selalu lemah sahwat kecuali minum obat kuat, apa ada solusi untuk menghadapi lemah sahwat dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AF,

Lemah syahwat yang dialami apakah tidak mampu mempertahankan ereksi ataukah mengalami ejakulasi dini. Jika yang dimaksud adalah impotensi atau tidak mampu ereksi, mempertahankan ereksi ataupun penurunan hasrat seksual dapat ditimbulkan oleh sejumlah penyebab seperti:

  • Kondisi psikis seperti cemas, stres atau depresi
  • Kerusakan saraf di area organ intim
  • Konsumsi obat tertentu
  • Adanya cedera pada tulang belakang atau panggul
  • Gangguan hormonal
  • Kebiasaan merokok, konsumsi alkohol atau penggunaan narkotika
  • Menderita penyakit lain seperti diabetes, tekanan darah tinggi, gangguan pembuluh darah, penyakit jantung, dan lainnya

Untuk mencegah atau mengatasi disfungsi seksual perlu diketahui apa yang menjadi penyebabnya. Penggunaan obat kuat memang dapat membantu tetapi jika dikonsumsi terus menerus dapat menimbulkan gangguan kesehatan lain yang juga berbahaya terlebih jika memiliki riwayat penyakit jantung. Lakukan pemeriksaan pada dokter spesialis andrologi untuk penanganan lebih lanjut.

Penting juga untuk menjaga pola hidup sehat seperti berolahraga secara teratur, kelola stres dengan baik, hindari merokok, minum minuman beralkohol, tidak menggunakan obat terlarang, dan lakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala untuk melakukan pengecekan kesehatan dan mengobati jika ada penyakit yang menyertai. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Vagina sakit saat berhubungan badan bisa muncul akibat gangguan medis pada organ reproduksi wanita

Vagina Sakit saat Berhubungan Intim? Ini Ragam Penyebabnya

Banyak hal bisa menyebabkan vagina sakit saat berhubungan intim. Mulai dari faktor fisik hingga psikologis. Dengan mengetahui penyebabnya, penanganan bisa dilakukan agar ikatan perkawinan kembali mesra.