Selalu berjalan jinjit

SC Info Penanya: SC, Pria, 2019 Tahun
Umur saya 15 tahun, dari kecil saya selalu berjalan jinjit sampai sekarang. Jalan,jongkok,lompat juga jinjit. Dokter punya tips gak biar gak jalan jinjit?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi SC,

Kebiasaan seseorang yang sering dilakukan dapat berpengaruh pada aktivitas sehari-hari seperti salah satunya misalnya kebiasaan atau cara berjalan. Jalan jinjit sendiri dapat dipicu beberapa hal seperti kebiasaan berjalan sehari-hari dan penggunaan baby walker saat dulu bayi ataupun dipicu adanya kelainan anatomi tubuh atau keluhan lain pada telapak kaki.

Untuk dapat menghilangkan kebiasaan tersebut perlu dilakukan upaya seperti membiasakan berjalan dan melakukan aktivitas lain dengan tidak berjinjit ataupun dapat dilakukan pemeriksaan pada dokter atau dokter spesialis rehabilitasi medik untuk menilai ada tidaknya gangguan pada anatomi tubuh yang menimbulkan kebiasaan tersebut. Nantinya dapat dilakukan latihan ataupun terapi fisik untuk merubah kebiasaan berjalan. Untuk itu ceritakan hal ini pada orangtua Anda agar diantar untuk memeriksakan diri pada dokter dan diberikan penanganan selanjutnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jenis penyakit tulang tak hanya osteoporosis, namun juga osteopenia, osteomalasia, dan penyakit Paget.

Selain Osteoporosis, Kenali Pula Jenis Lain Penyakit Tulang Berikut Ini

Anda mungkin hanya mengenal satu penyakit tulang, yaitu osteoporosis. Padahal, ada bebeberapa penyakit tulang lain, yang patut untuk diketahui. Jenis penyakit tulang lainnya tersebut termasuk osteopenia, osteomalasia, dan penyakit Paget.