Kenapa selalu ada bisul di area vagina ?

ND Info Penanya: ND
Dok sya mau tanya kenpa bisul klau gk keluar nanah nya benjolan nya tetap aja tp klau makan mie atau telur itu benjolan langsung menyut dan memerah membengkak, soal nya pernah tu bisul gk sampai keluar nanah trus bisul nya tetap ada benjolan tp gk ilang2 bekas bejolan bisul itu, klau saya salah mkn mulai itu bisul bengkak lg di tempat yg sma apa lagi di daerah kewanitaan malu sma suami dok bagai mna cara mengatasin nya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi ND,

Bisul adalah benjolan yang berisi nanah seringkali disebabkan oleh peradangan pada folikel rambut yang disebut dengan istilah folikulitis, dimana benjolan ini sering muncul di tangan, kaki, ketiak, hingga sekitar kelamin. Folikulitis ini dapat disebabkan oleh kebiasaan mencukur yang tidak benar, misal menggunakan pisau cukur yang terlalu tajam, tidak menggunakan pelembab, tidak menjaga kebersihan kulit dengan baik, penggunaan celana dalam yang terlalu ketat sehingga sering menimbulkan gesekan sehingga timbul iritasi.

Perihal bisul yang tidak keluar nanahnya, bisa saja akibat benjolan terlalu sering dipencet-pencet sehingga menjadi keras, atau memang belum waktunya keluar nanah (belum matang).

Untuk mencegah atau mengatasi munculnya bisul, berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan :
  1. Menjaga kebersihan kulit dengan baik, hindari pemakaian sabun yang membuat kulit kering.
  2. Ketika akan mencukur, gunakan sabun atau foam khusus untuk mencukur sehingga proses mencukur lebih mudah. Dan setelah mencukur, oleskan pelembab.
  3. Perbanyak konsumsi air putih, minimal 8 gelas setiap harinya.
  4. Kompres dengan air hangat bila muncul benjolan.
  5. Benjolan jangan dipencet-pencet.
  6. Gunakan pakaian atau celana dalam yang tidak terlalu ketat.
  7. Hindari menggaruk kulit secara kasar dan biasakan agar kuku jari-jari tangan tidak terlalu panjang.

Bila kondisi tidak berat, maka benjolan akan menghilang sendiri dalam waktu 5-7 hari, namun bila benjolan tidak kunjung menghilang atau malah menetap, sebaiknya periksa ke dokter kulit untuk penanganan lebih lanjut seperti mengeluarkan nanahnya atau menyuntikkan steroid agar benjolan bisa kempes, atau cukup diberi salep kortikosteroid. Penanganan akan bergantung pada tingkat keparahan bisul Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bisul di kemaluan pria tidak berbahaya, namun bisa menjadi indikasi dari infeksi jamur atau penyakit menular seksual

Ternyata Ini Penyebab-penyebab Bisul di Kemaluan Pria

Bisul dapat muncul di bagian tubuh mana saja, termasuk di penis. Bisul di kemaluan pria umumnya tidak berbahaya, dan dapat disebabkan oleh beberapa kondisi tertentu. Tetapi bisul juga bisa menjadi tanda adanya infeksi jamur atau penyakit menular seksual.