07 Jan 2021, 19:47Kandungan

Selalu keluar darah setiap habis berhubungan intim

ND
Info Penanya: ND0
Dokter saya umur 27 tahun. Tb 147 BB 41. Saya pertama melakukan hubungan sek sebulan yang lalu. Dengan pasangan saya bertinggi badan 178 dan BB 80 kg. Pertama kali saya merasa sangat sakit dan keluar darah karena saya memang perawan. Lalu pasangan saya memutuskan berhenti. Kedua kali saya masih keluar darah, ketiga kali saya keluar darah banyak, dan keempat kali pun saya masih keluar darah banyak. Itu jarak berhubungan sex seminggu , 5 hari , dan 3 hari. Apakah ada yang salah dok ? Solusinya.
165 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, NDR.Kondisi keluar darah setelah berhubungan intim, dalam dunia medis dikenal dengan istilah post-coital bleeding. Kondisi ini dapat dipicu oleh berbagai macam penyebab, mulai dari yang tidak berbahaya hingga cukup serius. Berikut beberapa penyebab post-coital bleeding yang umum terjadi:
  • robekan selaput dara (saat melakukan hubungan intim beberapa kali pertama)
  • luka atau lecet di liang vagina karena kurangnya pelumas
  • adanya polip atau kanker pada serviks
  • seks dilakukan saat mendekati menstruasi
Dari empat kemungkinan umum di atas, robekan selaput dara hampir tidak mungkin karena biasanya darahnya tidak deras. Poin terakhir, yaitu darah menstruasi, juga ini kemungkinan besar bukan penyebab perdarahan Anda, karena terjadi terus menerus dengan jarak berbeda.Oleh karena itu, ada baiknya Anda berkonsultasi kepada dokter kandungan agar dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti inspekulo atau USG rahim. Dari pemeriksaan tersebut, akan terlihat ada tidaknya luka, polip, atau lesi kanker pada liang vagina sampai mulut rahim Anda. Saat ini, hindari berhubungan intim untuk sementara waktu, ya. Juga, jaga kebersihan vagina dengan rutin mengganti pembalut setiap perdarahan terjadi. Dianjurkan pula untuk mengonsumsi air putih untuk mengganti cairan yang terbuang dalam bentuk darah. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
polip rahimperdarahanrobekan himen vagina
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil