26 Dec 2020, 15:36Kulit & Kelamin

Penyebab penis terasa sakit dan panas saat keluar sperma

AA
Info Penanya: AA0
Kenapa kalau waktu keluar sperma kelamin saya terasa sakit dan panas
642 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, A.Hubungan seksual antar pasangan suami istri merupakan sesuatu yang dapat menciptakan kehidupan romantis di dalam sebuah rumah tangga. Hubungan seksual ini terjadi jika masing-masing pasangan memiliki organ intim yang sehat. Jika salah satu organ intim baik pada pria maupun wanita mengalami gangguan, bisa karena suatu penyakit, maka akan menurunkan gairah seksual yang mana akan menciptakan masalah di rumah tangga. 

Penyebab penis terasa sakit dan panas saat keluar sperma

Sperma di produksi oleh testis yang berada dalam kantung zakar. Produksi ini dilakukan setelah laki-laki pubertas. Produksi sperma dapat banyak maupun sedikit, begitu pula dengan kualitasnya. Kualitas sperma dapat dinilai dari konsistensi sperma, jumlah sperma yang ada, bentuk sperma yang normal, dan pergerakan sperma yang baik. Sperma yang dihasilkan ini akan disalurkan menuju penis melewati saluran penis. Penyebab penis terasa sakit dan panas saat keluar sperma antara lain :
  • Sperma yang disalurkan terlalu banyak sehingga aliran sperma di saluran penis menjadi sangat deras menyebabkan rasa nyeri di penis.
  • Saat terjadi ereksi dan ejakulasi, otot perut dan otot penis akan menegang, penegangan dan kontrasksi otot yang terlalu lama akan menyebabkan penumpukan asam laktat yang dapat menimbulkan nyeri.
  • Penyempitan pada saluran penis bisa karena infeksi, reaksi alergi yang membuat penis membengkak, striktur saluran penis akibat penggunaan kateter yang terus menerus, atau penuaan yang menyebabkan penis dan saluran penis menjadi mengecil.
  • Infeksi pada penis akibat penyakit menular seksual bisa karena penyakit gonorea atau kencing nanah, sifilis, dan chlamydhia. 
  • Infeksi saluran kemih akibat adanya batu saluran kemih (BSK) menyebabkan  aliran  sperma dan urin terhambat. 
Keluhan penis terasa sakit dan panas saat keluar sperma yang Anda rasakan harus segera ditangani. Jika penyebab adalah infeksi pada saluran kemih, maka dokter akan memberikan antibiotik yang sesuai dengan penyebab menggunakan resep. Begitu pula dengan penyakit menular seksual. Dokter akan memberikan pengobatan secara menyeluruh baik bagi Anda maupun pasangan. Hal yang perlu Anda lakukan adalah menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim Anda dengan tidak melakukan hubungan seksual dengan banyak pasangan, hindari kebiasaan duduk terlalu lama, dan hindari kebiasaan menahan kencing. Minum yang cukup dan olahraga yang teratur membantu meningkatkan imun dan membersihkan saluran kencing Anda dari bakteri. Segere ke dokter kulit dan kelamin agar keluhan Anda diperiksa dan ditangani dengan baik.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
infeksi saluran kencinghubungan seksualpenyakit menular seksual
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil