06 Oct 2020, 14:08Kandungan

Seks tanpa penetrasi, apakah bisa hamil?

BS
Info Penanya: BS, Pria0
Dok, Pasangan saya terakhir mens tgl 5-11 September 2020, kami melakukan hubungan seks TANPA PENETRASI pada tgl 20-21 September. Sampai dengan hari ini pacar saya belum mengalami menstruasi, tp dari tanggal 4 Oktober payudaranya terasa nyeri, perut bawah kram, dan pinggang terasa sakit. Namun yg kami takutkan, dia juga mengalami mual setiap siang hari dok. Memang siklus haidnya tidak teratur, kadang maju kadang mundur. Apakah mungkin pacar saya hamil dok? Tolong jawabannya, thanks.
351 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat malam, BS.Hubungan seks tanpa penetrasi tetap dapat memicu kehamilan, apabila ada aktivitas seksual lain yang dapat mempertemukan sperma dengan sel telur, seperti menggesek-gesekkan penis ke vagina atau menyentuh vagina dengan tangan yang telah terkena cairan pre-ejakulasi sebelumnya.Terlebih lagi, hubungan intim dilakukan 15 hari terhitung dari hari pertama haid, yang mana waktu tersebut termasuk ke dalam masa subur dan sel telur siap untuk dibuahi. Oleh karenanya, apabila ada keterlambatan haid dan tanda-tanda kehamilan lainnya seperti nyeri payudara, kram perut, mual dan muntah, ada baiknya lakukan tes kehamilan.Ada dua metode yang bisa digunakan, yaitu:
  • Menggunakan uji kehamilan mandiri (testpack), dengan mencelupkan strip ke dalam urine yang ditampung di wadah
  • Melakukan USG rahim di dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk melihat apakah ada kantung kehamilan atau tidak
Apabila benar hamil, sebaiknya sampaikan kepada orangtua pacar Anda, karena Anda belum menikah. Jelaskan kondisi dengan jujur dan bersiaplah untuk segala risikonya, serta berikan pertanggungjawaban penuh atas apa yang telah Anda perbuat.Tetapi, apabila tidak hamil, ada baiknya hindari melakukan aktivitas seksual di kemudian hari, karena dapat memicu kehamilan di luar nikah, penyakit menular seksual, sampai depresi karena merasa bersalah. Selain itu, aktivitas seksual di luar nikah juga bertentangan dengan norma dan adat-istiadat, seperti yang telah diketahui masyarakat umum.  Salam sehat,
dr Sylvia
sekskehamilantest pack
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil