Apakah penetrasi 40 detik tanpa terasa ejakulasi dapat menyebabkan kehamilan ?

MG Info Penanya: MG, Pria, 19 Tahun
Dok, saya mau bertanya, apakah memasukan Mr.P ke ms.V selama kurang lebih 40 detik dapat menyebabkan kehamilan ? Dan pada saat memasukan itu saya belum merasakan ingin ejakulasi
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, MG.

Penetrasi merupakan keadaan masuknya alat kelamin pria (penis) pada alat kelamin wanita (vagina) ketika berhubungan seksual. Jika dilakukan secara konstan, penetrasi akhirnya akan mencapai keadaan ejakulasi yang pada pria ditandai dengan pengeluaran sperma. Ejakulasi sendiri ialah pengeluaran sperma melalui penis yang bisa terjadi di dalam maupun di luar vagina.

Mengenai pertanyaan Anda, penetrasi tanpa ejakulasi sekalipun tidak dapat sepenuhnya mencegah kehamilan karena terdapat cairan pra-ejalukasi atau yang dikenal juga dengan istilah precum. Cairan tersebut dapat mengandung sperma dan umumnya dikeluarkan sebelum terjadinya ejakulasi. Sedangkan proses pengeluarannya bersifat tak terkendali ataupun tidak disadari saat melakukan hubungan seks. Oleh karena itu peluang kehamilan dapat tetap ada.

Untuk memastikannya, apabila telah ada keterlambatan haid pada pasangan Anda, sarankanlah untuk melakukan test pack yang dapat diulang kembali satu minggu setelah pemeriksaan yang pertama kali dilakukan agar lebih akurat. Anda dan pasangan pun dapat menemui dokter Spesialis Kandungan secara langsung untuk mendapatkan penjelasan dan melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bagi calon ibu perlu mengetahui jenis olahraga yang aman untuk ibu hamil di tiap trimesternya

6 Jenis Olahraga yang Aman untuk Ibu Hamil, Manakah yang Cocok untuk Anda?

Ibu hamil disarankan untuk tetap rutin berolahraga. Namun sebelum melakukannya, penting bagi para calon ibu untuk mengetahui jenis olahraga yang aman untuk ibu hamil di tiap trimesternya.