Sekret hidung bercampur darah saat pilek, apa penyebabnya ?

ST Info Penanya: ST, Pria, 19 Tahun
Dokter,sy ingin bertanya Saya ini sedang sakit batuk pilek,hidung sy mampet susah nafasnya,ketika sy mau buang ingus ada darahnya apa itu berbahaya/tidak?solusinya kira2 bagaimana ya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, ST.

Mengingat anda sedang pilek kemungkinan ingus yang bercampur darah bisa disebabkan trauma akibat terlalu kencang memencet hidung untuk mengeluarkan lendir ataupun sering mengorek hidung. Jika disebabkan oleh kedua hal tersebut, biasanya tidak berbahaya. Dengan menghindari mengorek atau memencet hidung terlalu kuat serta mengobati pilek anda, diharapkan keluhan anda akan membaik.

Namun jika perdarahan tetap aktif, sebaiknya ke klinik atau rumah sakit terdekat. Untuk mengobati keluhan batuk, pilek dan susah bernapas yang anda rasakan sebaiknya ke dokter agar dilakukan pemeriksaan secara langsung.

Beberapa tips untuk mengurangi keluhan anda :

- Optimalkan daya tahan tubuh dengan cara : istirahat yang cukup dengan tidur 6-8 jam pada malam hari, minum air putih yang cukup, konsumsi buah-buahan dan sayuran atau konsumsi multivitamin

- Berhenti merokok, jika merokok

- Minum obat batuk, gunakan semprotan hidung dekongestan 

- Jangan memencet hidung terlalu keras saat hendak mengeluarkan lendir dan jangan mengorek hidung

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pneumonia pada anak perlu dikenali gejalanya sejak dini, sebelum bertambah parah

Kenali Gejala Pneumonia pada Anak dan Cara Mencegahnya Berikut Ini

Pneumonia pada anak bisa disebabkan oleh infeksi virus maupun bakteri. Kondisi ini dapat menimbulkan gejala yang serupa dengan penyakit lain sehingga tidak dikenali.