Sekitar payudara, dada tumbuh rambut, apakah normal?

SS Info Penanya: SS, Wanita, 23 Tahun
Selamat pagi Dok, di bagian dada sebelah kanan saya ada 1 helai rambut putih panjang sekitar 2cm, lalu di sekitar salah satu areola saya juga ada 2 helai bulu panjang sekitar 1cm. bulu tersebut sudah lama ada & ingin saya cabut tapi takut sia2 dan tumbuh lagi. saya mau tanya: 1) Mengapa di bagian tersebut saya bisa tumbuh bulu ya dok? normal kah? 2) Bagaimana cara menghilangkannya secara permanen karena secara estetis tidak enak dilihat? jika saya ingin mencabutnya apakah akan tumbuh lagi? Terima kasih Dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu S,

Adanya  rambut pada tubuh seperti di dada, perut dan punggung, adalah kondisi yang normal. Mulai pada saat puberitas, pria cenderung memiliki lebih banyak rambut daripada wanita. Pada pria rambut akan tumbuh di daerah wajah, perut, punggung dan dada. Rambut secara umum tidak tumbuh di telapak tangan, bibir, daerah-daerah tertentu pada struktur alat kelamin.

Sebenarnya bila hanya satu atau dua helai rambut, maka Ibu tidak perlu terlalu risau. Rambut itu dapat digunting sendiri tepat pada pangkal rambut dengan hati-hati. Memang karena proses normal maka dalam waktu 2 minggu, rambut tsb akan tumbuh kembali. Janganlah terlalu  khawatir, lakukan proses pengguntingan saja secara berkala bila dirasa pertumbuhan rambut sudah mengganggu. Pengguntingan tidak akan serta merta merangsang pertumbuhan rambut menjadi lebih banyak.

Sebaiknya rambut tidak dicabut karena dapat menyebabkan luka pada akar rambut yang terinfeksi bila ada kuman yang masuk, dan bisa berlanjut menjadi  bisul.

Tidak perlu sampai merasa rendah diri, karena pada umumnya hal ini juga dialami oleh banyak wanita. Sebaiknya lebih fokus kepada hal positif dalam menjalani hidup dengan berbahagia dan bersyukur atas kesehatan yang dimiliki.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anda dapat memudarkan warna gelap pada ketiak dengan mengoleskan minyak kelapa

Inilah Tips Cantik Menghilangkan Ketiak Hitam dengan Minyak Kelapa

Warna ketiak yang gelap dapat membuat Anda merasa kurang percaya diri. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan minyak kelapa. Vitamin E dalam minyak kelapa dapat menghilangkan warna gelap pada ketiak.