Kenapa sekitar lutut kaki kanan sakit ketika duduk saat sholat?

LO Info Penanya: LO, Wanita, 27 Tahun
Dokter, saya Lusi dan ingin bertanya. Ketika posisi duduk saat solat, di sekitar lutut kaki kanan saya sakit dan udah berlangsung kurang lebih satu bulanan. Akhirnya saya ke klinik dan didiagnosa spine muscle genu dextra (maaf kalo istilahnya salah) dan diberi obat nyeri, relaksasi otot dan linu linu. Kalau dalam 5 hari tidak ada perubahan harus ke dokter saraf. Jadi menurut dokte, saya sakit apa? Apa yang harus saya lakukan? Mohon arahannya. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang LO,

Cedera pada sendi terutama sendi lutut adalah salah satu cedera yang paling sering dialami oleh seseorang, yang menimbulkan keluhan nyeri, kaku, bengkak, kemerahan, serta panas pada sendi yang mengalami gangguan.

Penyebab nyeri sendi sendiri bisa bermacam-macam seperti :
  1. Sprain. Cedera yang mengakibatkan robekan pada ligamen atau kapsul sendi akibat regangan yang terjadi secara mendadak.
  2. Strain. Cedera yang melibatkan otot serta tendon, dimana sifatnya lebih parah. Cedera ini sering menyerang atlit atau seseorang dengan intensitas olahraga berat, sehingga akan menimbulkan cedera pada otot paha belakang (hamstring), betis, hingga daerah lipat paha.
  3. Osteoartritis. Kelainan yang disebabkan oleh faktor usia tua.
  4. Obesitas.
  5. Kadar asam urat yang tinggi.

Yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi nyeri sendi adalah membatasi pergerakan sendi, perbanyak istirahat, jaga berat badan seideal mungkin agar tubuh tidak terbebani, hindari mengangkat beban berat, dan minum obat sesuai dengan anjuran dokter.

Bila keluhan tidak membaik, atau semakin nyeri, bengkak, kaku, ada baiknya Anda segera melakukan pemeriksaan ke dokter tulang, mungkin Anda memerlukan pemeriksaan lebih lanjut seperti foto rontgen atau MRI untuk memastikan kondisi lutut Anda agar bisa segera ditangani dengan baik.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Lutut sakit adalah gangguan yang biasa disebabkan oleh artritis, cedera lutut, hingga dislokasi lutut

Lutut Sakit Terasa Mengganggu? Simak Tips untuk Meringankannya

Lutut sakit adalah gangguan yang dapat disebabkan oleh berbagai hal, misalnya artritis, cedera, dan sebagainya. Lutut sakit yang mengganggu aktivitas sehari-hari dapat dilakukan dengan mengompres lutut dengan es batu, atau dengan memijat bagian lutut yang sakit dengan tepat.