20 Jun 2020, 09:01Kandungan

Apakah masih bisa hamil jika haid tidak teratur?

LM
Info Penanya: LM0
Hallo dok, saya mau tanya, saya sudah berhubungan sama suami,selang tiga hari kemudian saya haid, tapi haidnya nga lancar dan nga banyak cuman satu tau dua hari udah nga ada lagi, haid saya juga kan suka nga beraturan, malah pernah satu bulan sampai dua kali haid kenapa tuh dok? apa haid saya nga lancar bisa mengakibatkan hamil??
13036 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, LM.Menstruasi atau haid adalah kondisi ketika dinding rahim luruh saat tidak terjadi pembuahan, dalam bentuk darah melalui liang vagina. Haid terjadi secara alami, tidak bisa diatur kapan ingin haid dan kapan tidak. Proses ini terjadi karena mekanisme hormon-hormon tubuh, seperti estrogen dan progesteron.Siklus haid yang normal berkisar antara 21-35 hari, dengan rata-rata 28 hari. Apabila siklus memanjang, memendek, atau tidak teratur, maka kemungkinan besar ada gangguan pada salah satu hormon tubuh. Gangguan tersebut dapat dipicu oleh berbagai macam kondisi.

Beberapa kondisi yang menyebabkan gangguan haid adalah:

  • Kehamilan
  • Penggunaan alat kontrasepsi hormonal, seperti suntik, pil, atau implan
  • Tekanan psikologis atau stres yang berlebihan
  • Perubahan berat badan secara drastis dalam waktu singkat
  • Gangguan pada rahim, misalnya poly cystic ovary syndrome
  • Penyakit lainnya, misalnya gangguan tiroid
  • Penggunaan obat-obatan golongan tertentu
Selain kondisi di atas, masih banyak lagi yang dapat menyebabkan gangguan haid. Menjawab pertanyaan Anda, seseorang dengan gangguan tersebut masih bisa hamil, tetapi akan lebih sulit karena masa suburnya tidak bisa diprediksi. Sedangkan, agar terjadinya kehamilan diperlukan pembuahan sel telur pada saat masa subur.Oleh karena itu, sebaiknya lakukan pola hidup sehat agar hormon senantiasa seimbang. Konsumsi makanan bergizi, penuhi kebutuhan vitamin, mineral, dan protein, dan imbangi dengan asupan air putih yang cukup. Tidur teratur dan rutin berolahraga juga dapat menjaga keseimbangan hormon. Jangan lupa, hindari stres sebisa mungkin ya, misalnya dengan rutin melakukan yoga atau meditasi.Anda juga dapat berkonsultasi kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dilakukan pemeriksaan untuk menentukan penyebab kondisi gangguan haid Anda. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
siklus haidhaidgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil