Sejak kelas 4 SD sering memiliki keinginan bunuh diri dan insomnia. Apakah solusinya?

RA Info Penanya: RA, Wanita, 16 Tahun
Dok saya ingin bertanya, sudah sejak lama saya memiliki suicidal though sekitar sejak duduk di bangku kelas 4 SD hingga sekarang saya duduk di bangku kelas 2 SMA. Saya sempat mengalami insomnia dan self harm juga tapi saya hanya mampu berhenti self harm. Dua tahun belakangan ini selalu punya pikiran, keinginan, serta mendengar suara untuk membunuh orang lain disertai ketakutan tanpa sebab sampai kadang saya menangis. Apakah ada solusi yang setidaknya bisa untuk menenangkan diri dan pikiran saya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, RA

Terima kasih atas pertanyaannya.

Tidak ada terapi yang khusus untuk menghentikan pikiran untuk bunuh diri. Untuk semua individu, mengenali dan menangani penyebab stres dapat mengurangi masalah anda. Memang ada obat-obat tertentu untuk depresi dan gangguan kejiwaan seperti skizofrenia. Sebelumnya anda perlu terlebih dahulu konsultasi dengan Dokter Psikiatri karena penggunaan obatnya perlu pengawasan.

Sebetulnya yang anda butuhkan adalah dukungan dari keluarga dan orang terdekat anda. Untuk membahas masalah dalam hidup anda dan mengurangi beban pikiran. Anda juga bisa konseling dengan tenaga professional seperti psikolog. Anda akan dilatih untuk mengatasi pola pikir negatif sehingga mengurangi gejala depresi dan kecemasan anda. Banyak juga komunitas di Indonesia yang dapat membimbing anda melewati masalah yang anda hadapi. Semoga penjelasan dari saya bermanfaat.

Salam Sehat, 

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tidak hanya selalu terjadi pada lansia, sering lupa juga dapat terjadi pada anak muda

Sering Melupakan Hal-hal Tertentu? Mungkin Ini Penyebabnya

Semua orang pasti pernah mengalami yang namanya lupa. Namun, jika hal ini sering terjadi, tentunya akan mengganggu kehidupan dan membuat penderitanya menjadi khawatir. Untuk memahami kondisi ini, ada berbagai penyebab sering lupa yang sebaiknya Anda ketahui.