03 May 2021, 04:58Penyakit Lainnya

Apakah solusi telinga berdengung dan keluar cairan?

SW
Info Penanya: SW0
Assalamu'alaikum dok,mau nanya,,,telinga saya berdengung dan keluar cairan seperti ada bisul,,obat apa ya dok yang harus dipakai,untuk jawabannya saya ucapkan terimakasih banyak?
131 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, SWTerima kasih atas pertanyaannya.Telinga berdengung dapat terjadi karena faktor adanya infeksi di telinga, gangguan di tulang pendengaran serta radang pada saraf di telinga dalam.  Sedangkan adanya cairan yang keluar dari telinga dapat terjadi karena beberapa faktor lain.

Penyebab gangguan di telinga :

  • Infeksi virus ataupun bakteri pada saluran telinga yang menumpuk sehingga menyebabkan peradangan dan keluarnya cairan dari telinga.
  • Sumbatan kotoran telinga yang menumpuk sehingga membuat tumbuhnya kuman.
  • Mengalami batuk, flu, radang tenggorokan ataupun sinusitis yang membuat infeksi melebar hingga ke telinga.
  • Kemasukkan air saat berenang atau mandi sehingga membuat telinga menjadi lembab. Ketika terjadi gesekan karena cottonbud atau membersihkan telinga dengan jari maka berisiko infeksi bakteri. 
  • Riwayat alergi.
  • Perokok aktif dan pasif.
Pengobatan untuk telinga berdenging dan keluar cairan didasarkan pada penyebabnya sehingga memerlukan pemeriksaan langsung oleh dokter spesialis THT untuk dilakukan pembersihan pada telinga dengan alat khusus dan pemberian obat-obatan jika diperlukan. Sebagai tindakan awal mengatasi gangguan di telinga anda bisa hindari menggunakan cotton bud, usahakan tidak kemasukkan air dengan menggunakan penutup telinga, batasi penggunaan earphone, perbanyak minum air putih hangat, hindari merokok. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
obstruksi telingainfeksi telingaradang telinga
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil