27 Feb 2021, 09:23Kandungan

Terlambat haid, apa karena hamil?

OP
Info Penanya: OP, Wanita, 30 Tahun
assalamualaikum,,dok saya berhubungan dengan suami saya tgl 21 desember 2020 dengan menggunakan pengaman,trus tgl 24 desember saya haid,kmudian di tgl 24 januari lagi sya haid sperti biasanya nya siklus haid saya 31 hari,,dan di bulan februari ini sya sudah telat haid 4 hari dok,sudah hampir 10 hari sya mengalami tanda2 haid,trus skrng ada perbedaannya,,puting sya agak menonjol dan skit bila di sentuh,trus nyeri di perut bagian bawah pindah2 rasanya,...apakah saya hamil?
383 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, OTerima kasih atas pertanyaan AndaTerlambat menstruasi sering kali dikaitkan dengan adanya kehamilan terlebih apabila ada riwayat berhubungan seksual sebelumnya. Padahal, selain karena kehamilan terlambat menstruasi juga bisa terjadi karena pengaruh beberapa faktor.

Beberapa faktor yang bisa menyebabkan terlambat menstruasi diantaranya adalah:

  • Faktor hormonal, seperti ketidakseimbanagn hormon dalam tubuh, PCOS, penyakit tiroid dan lain sebagainya
  • Ada perubahan berat badan mendadak yang terjadi karena sedang diet ataupun karena penyakit tertentu
  • Stres, cemas, dan beberapa faktor psikologis yang lainnya
  • Kelelahan fisik akibat melakukan olahraga ekstrim atau kegiatan yang melelahakan
  • Efek samping KB
  • Penyakit pada organ reproduksi
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda apabila saat melakukan seks mengunakan alat kontrasepsi dengan benar, tidak ada sperma yang masuk dan pada bulan berikutnya sudah haid normal dengan siklus normal haid berkisar 21- 35 hari dan lamanya proses haid berkisar 3- 7 hari, maka terlambat haid yang saat ni Anda alami bukan disebabkan karena kehamilan. Melainkan karena beberapa faktor yang sudah disebutkan di atas. Sebagai informasi tambahan tanda pasti dari kehamilan adalah hasil tes kehamilan, hasil pemeriksaan USG kehamilan, serta hasil pemerikasan dokter. Sehingga, bila Anda ragu-ragu akan terjadinya kehamilan, lakukan tes kehamilan (test pack) untuk memastikan Anda hamil atau tidak.Pastikan Anda tetap menjaga kebersihan vagina, hindari stres dan kelelahan, jaga berat badna Anda tetap ideal, konsumsi sayur dan buah serta makanan yang bergizi, istirahat cukup dan olahraga rutin agar haid kembali lancar. Periksakan diri Anda  ke dokter spesialis kandungan jika keluhan ini belum membaik dan atau disetai dengan keluhan penyerta sperti nyeri perut bawah, demam, keputihan dan lain sebagainya.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
hubungan sekssekshubungan seksualhamil
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil