22 Nov 2020, 01:50Penyakit Lainnya

Apakah efek samping pengobatan TB kelenjar?

HI
Info Penanya: HI0
Istri saya sedang pengobatan TB kelenjar. 2 Minggu pertama blm ada efek samping dari pengobatan tersebut. Pada Minggu ke 3 istri saya merasa mual, nyeri di leher dan telinga seperti mendengung. Yang saya tanyakan apakah itu efek samping pengobatan tersebut ?
22 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, HITerima kasih atas pertanyaannya.TB atau tuberkulosis adalah penyakit bakteri yang sering menyerang paru-paru manusia.  Selain paru-paru, TB juga dapat menyerang tulang, usus serta kelenjar.  Pengobatan TB memerlukan waktu minimal 6 bulan sehingga dibutuhkan kedisiplinan dalam mengkonsumsi obat TB.  Obat yang digunakan untuk penderita TB adalah kombinasi dari rifampisin, etambutol, isoniazid, serta pirazinamid.  Setiap obat ini tentu memiliki beberapa efek samping.

Efek samping pengobatan TB :

  • Mual dan muntah.
  • Nyeri sendi.
  • Adanya ruam kemerahan dan gatal pada kulit.
  • Urin berwarna kemerahan saat buang air kecil.
  • Gangguan pada saraf seperti kesemutan, lemah pada otot.
  • Gangguan fungsi hati.
Keluhan yang istri anda rasakan seperti mual dan nyeri leher dapat akibat efek samping obat. Apabila TB kelenjar membuat bengkak getah bening di leher, maka ada kemungkinan timbul nyeri.  Sedangkan telinga berdengung atau tinnitus jarang terjadi pada penggunaan obat-obatan TB kecuali jika istri anda diberikan obat streptomisin.  Tinnitus dapat terjadi karena adanya infeksi telinga, gangguan pada peredaran darah di telinga, terlalu banyak kotoran telinga, kelainan pada tulang telinga. Untuk itu, ada baiknya anda dan istri periksa ke dokter yang merawat TB istri guna mengetahui apakah keluhan memang efek samping obat atau ada penyakit lainnya sehingga dapat ditangani sedini mungkin.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
tbctuberkulosistinnitusminum obatsakit leher
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil