17 Nov 2020, 14:44Kandungan

Telat datang bulan selama 10 hari, lalu perdarahan 3 hari

WI
Info Penanya: WI0
Siang dok,saya kemarin telat datang bulan selama 10 hari,setelah itu saya datang bulan cuma 3 hari saja?apakah itu pertanda akan hamil... Terima kasih dok
186 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, WI.Terlambat datang bulan adalah kondisi yang dapat dipicu oleh berbagai penyebab, salah satunya kehamilan. Kemudian, hal lain yang dapat menjadi penyebabnya adalah penggunaan obat jenis tertentu, adanya penyakit rahim, gangguan tiroid, memiliki berat badan berlebih, sedang stres atau cemas, maupun pola hidup yang tidak sehat.

Penyebab Perdarahan dari Vagina Selain Haid

Apabila setelah sepuluh hari keterlambatan ada perdarahan yang terjadi, maka harus dipastikan dulu apakah perdarahan tersebut haid atau bukan. Pasalnya, tidak semua perdarahan dari vagina selalu darah haid. Berikut beberapa penyebab lain perdarahan:

1. Implantasi

Implantasi adalah proses perlekatan bakal janin (embrio) ke dinding rahim. Biasanya, implantasi ditandai dengan perdarahan selama 1-3 hari. Darah biasanya berwarna kecokelatan atau merah muda, dan hanya keluar sedikit. Implantasi terjadi 6-12 hari setelah berhubungan, yang berarti sebelum atau tepat pada jadwal haid (bukan saat sudah terlambat seperti yang Anda alami).

2. Polip

Adalah jaringan bertangkai yang dapat tumbuh di bagian vagina maupun mulut rahim, polip seringkali mengeluarkan darah apabila tersentuh. Biasanya, polip dapat memicu perdarahan setelah hubungan intim yang berlangsung dalam jangka waktu bervariasi.

3. Luka pada vagina

Perlukaan dapat terjadi apabila adanya gesekan pada vagina yang kering, atau penetrasi yang terlalu dalam saat berhubungan intim. Biasanya, luka pada vagina dapat sembuh dengan sendirinya apabila tidak berat, sehingga perdarahan hanya berlangsung singkat. Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kemungkinan perdarahan tersebut kemungkinan bukan dari proses implantasi tanda kehamilan. Tetapi, apabila Anda mencurigai adanya kehamilan, coba lakukan testpack atau USG rahim di dokter kandungan. Kecil kemungkinan, tetapi bisa saja perdarahan tersebut terjadi karena perubahan hormon tubuh akibat hamil. Jadi, silakan dipastikan dahulu ya. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
siklus haidhaidgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil