Terlambat haid dua hari, apa penyebabnya?

YA Info Penanya: YA, Wanita, 1 Tahun
Dok.saya mau tanya bulan lalu agustus tanggal 2 sya datang bulan...tpi bulan ini september blum jga dtang bulan...mnurut tanggal trakhir haid udah telat 2 hari sya mencoba tes pkek tespek hsilnya negatif...kira" itu knpa ya dok mohon kasih solusinya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, YAG.

Terlambat haid dua hari merupakan hal wajar dan normal yang dapat dialami oleh siapa saja, karena siklus haid memang bisa maju atau mundur sampai dengan tiga hari. Apabila haid terlambat lebih dari tiga hari, bahkan sampai hitungan minggu, barulah dicurigai ada perubahan hormon tubuh yang mengakibatkan keterlambatan tersebut.

Beberapa penyebab keterlambatan haid adalah:

  • Berat badan yang naik atau turun secara drastis
  • Gangguan tiroid
  • Sindrom ovari polikistik
  • Pola hidup yang tidak sehat
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • Penggunaan alat kontrasepsi hormonal
  • Kehamilan

Apabila Anda mencurigai adanya kehamilan, sebaiknya lakukan testpack seminggu setelah terlambat haid. Apabila negatif, Anda dapat mengulanginya lagi seminggu kemudian. Misalkan ketika mengulang hasilnya masih negatif juga, berarti kemungkinan ada penyebab lain, dan disarankan untuk berkonsultasi ke dokter spesialis kandungan apabila tiga bulan berturut-turut tidak haid.

Hamil ataupun tidak, lakukan pola hidup sehat agar hormon senantiasa seimbang dan kesehatan rahim terjaga dengan baik. Konsumsi makanan bergizi, perbanyak buah dan sayur, dan imbangi dengan air putih yang cukup. Lakukan olahraga rutin 3-4 kali seminggu dengan durasi minimal 30 menit. Juga, kelola tingkat stres dengan rutin melakukan meditasi atau yoga. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mengatasi haid tidak lancar dengan olahraga

Mengenal Faktor Risiko dan Cara Mengatasi Haid Tidak Lancar

Cara mengatasi haid tidak lancar wajib diketahui oleh para wanita. Selain olahraga teratur dan mengonsumsi kayu manis, vitamin D juga diketahui dapat melancarkan haid.