24 Apr 2021, 01:15Kulit & Kelamin

Apa yang menyebabkan testis bengkak dan cara mengatasinya ?

SA
Info Penanya: SA0
selmat pagi dok..? ma'af mengganggu saya mau taxa keluhan saya testis seblh kanan membengkak sudh lama ada 4 tahun awalx kecil sy periksakan kedokter sepesialis katax getah bening mau di operasi sekarang apa nunggu klu udh besar karena bukan hernia dan juga gk sakit sekarang sudh kelihtan besar sekepal tangan agak lonjong gimana solusix apa ada obat tanpa operasi bs sembuh normal lgi dok.. trimakasih
120 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, S.Keluhan pada testis akan membuat pria merasa takut terutama jika testis bertambah besar dan menimbulkan rasa nyeri. Keluhan tidak hanya berdampak pada bentuk testis namun juga dapat menggangu kesuburan sehingga keharmonisan rumah tangga terusik.

Apa yang menyebabkan testis semakin besar dan bengkak ?

Keluhan testis semakin besar dan bengkak yang Anda alami lebih dari 4 tahun dapat disebabkan oleh banyak faktor antara lain :
  • Hernia scrotalis.
  • Varikokel.
  • Hidrokel.
  • Tumor testis. 
  • Pembesaran kelenjar getah bening.
  • Benturan.
  • Orkitis atau radang pada kelenjar tetstis.
  • Epididimitis.

Apakah testis yang bengkak harus dioperasi ?

Tatalaksana testis yang bengkak harus disesuaikan dengan penyebab yang ada. Dokter akan melakukan tindakan terbaik. Jika penyebab diatasi maka ukuran dan fungsi testis dapat normal kembali. Yang harus Anda lakukan sementara antara lain, menjaga kebersihan organ intim, gunakan pakaian dalam yang nyaman, hindari celana terlalu ketat, tidak berganti pasangan seksual, hindari paparan suhu tinggi terus menerus ke organ intim. Segera konsultasi ke dokter bedah urologi.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
kanker testishernia inguinalvarikokel
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil