19 Jun 2020, 21:40Kandungan

Tidak hamil lebih dari 3 bulan setelah ganti KB

SU
Info Penanya: SU, Wanita, 32 Tahun
Selamat malam dok, saya mau tanya anak saya sekarang umur 20 bulan setelah saya melahirkan anak kedua, saya memakai kb suntik 3 bulan sekali karena saya menyusui. Lama kelamaan saya kok tidak nyaman memakai suntik 3 bulan sekali karena banyak efek samping. Trs saya pindah ke pil kb, saya udah memakai pil kb selama 3 bulan tapi saya tidak kunjung menstruasi. Dan dari awal saya memakai Suntik kb 3 bulan pindah ke pil kb tidak menstruasi. Apa bisa menyebabkan hamil ya dok?? Tlng penjelasan ny dok?
17541 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang R,Amenorea adalah kondisi tidak mengalami haid lebih dari 3 bulan berturut-turut dimana penyebabnya bisa beragam, mulai dari penggunaan alat kontrasepsi, efek obat-obatan, masalah gaya hidup, penurunan berat badan yang drastis, aktivitas berat, kurang istirahat, stres, masalah hormonal ataupun bisa karena gangguan organ reproduksi.Apabila menggunakan KB suntik dan dilanjutkan pil KB, kemungkinan hamil sendiri kecil. Jika merasa ragu bisa dilakukan pemeriksaan kehamilan menggunakan alat testpack.

Pemeriksaan untuk mendiagnosa amenorea

Amenorea sendiri apabila sudah lebih dari 3 bulan perlu dipastikan apa penyebabnya, dimana perlu dilakukan beberapa pemeriksaan seperti:
  • Pemeriksaan kehamilan
  • Pemeriksaan lab darah
  • Pemeriksaan hormonal
  • Pemeriksaan USG
  • Pemeriksaan lain untuk menyingkirkan kemungkinan masalah kesehatan lain yang bisa jadi penyebabnya
Penanganan amenorea sendiri akan disesuaikan dengan penyebabnya baik dengan pemberian obat untuk merangsang menstruasi dan juga diperlukan upaya untuk perbaikia gaya hidup agar lebih baik dan membuat menstruasi kembali lancar. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
siklus haidmenstruasikontrasepsigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil