Apa penyebab timbul ruam kulit dan menghitam jika digaruk?

LS Info Penanya: LS, Wanita
Slmt pagi Dok.. nama saya tari.. umur sy skrg45 THN.Di sebagian kulit sy. Gampang sekali hitam setelah di garuk.. jd nya skrg di bdn sy banyak bercak hitam. Pdhl dulu kulit sy bersih. Tdk sprt skrg..Ap sbtl Nya nm penyakit sy ini..?Terimakasih Dok..?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang LS,

Ruam kulit adalah keluhan pada kulit yang bisa timbul karena beragam penyebab. Tersering adalah karena reaksi alergi, peradangan kulit atau disebut dengan dermatitis, infeksi kulit ataupun penyebab lainnya.

Ketika timbul gatal, baiknya hindari menggaruk agar tidak memicu iritasi dan infeksi. Jika menjadi kemerahan dan lebih banyak bisa juga timbul yang disebut dengan pruritus atau sering kali disebut dengan istilah darah manis. Tapi sebenarnya itu adalah keluhan yang timbul karena peradangan kulit yang diawali karena alergi.

Jadi baiknya bisa periksakan kulit pada dokter atau dokter kulit agar dipastikan penyebabnya dan dilakukan penanganan. Nantinya bisa diberikan obat antihistamin, obat oles untuk mengurangi gatal dan peradangan ataupun tindakan lain jika ingin menghilangkan bekas hitamnya.

Sementara perhatikan apa yang menjadi pemicunya sehingga tidak menimbulkan gatal, gunakan lotion calamine untuk meredakan gejala dan juga jaga kebersihan diri. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bintik merah pada kulit bayi tidak hanya muncul karena ruam popok.

Bintik Merah pada Kulit Bayi, Apa Penyebabnya?

Bintik merah pada kulit bayi tak hanya disebabkan oleh ruam popok. Pemberian jenis makanan baru pada bayi juga dapat menyebabkan bintik merah pada kulit bayi karena dapat meningkatkan frekuensi buang air besar.