Sehabis pendarahan ringan muncul garis samar 2

JW Info Penanya: JW, Wanita, 23 Tahun
Sore dokterSaya kan jadwal haid seharusnya tanggal 13 Juli 20Tapi sy hny mengalami pendarahan ringan di tgl 14 - 18. Hal tersebut dibarengi dg kram perut ringanKata teman sy itu termasuk tanda kehamilan, 3 hari kemudian saya tespek. Sprt petunjuknya hasil dapat dibaca setelah 5 menit. Tapi saya dapatkan hanya garis satu. Saya diamkan sampai siang hari lalu terdapat garis 2 samar. 3 hari kemudian sy lalukan tespek lagi dan sama hsly spt tespek pertama. Apakah sy hamil dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang JW,

Tes pack dilakukan idealnya 1 minggu setelah terlambat haid, dan langsung dibaca sesuai dengan petunjuk yang ada di bungkusnya. Bila di bungkusnya tertera dibaca setelah 5 menit, maka hasil setelah 5 menit itulah hasil yang akurat. Bila setelah 5 menit menunjukkan 1 garis, maka artinya negatif dan tidak hamil. Sedangkan setelah ditunggu sampai siang hari kenapa berubah menjadi 2 garis, hal tersebut akibat urin yang menguap sehingga tampak seolah-olah ada 2 garis, yang 1 garis jelas, yang 1 garis samar. Oleh karena itu saat 3 hari kemudian hasilnya akan kembali negatif karena sejak awal memang negatif.

Salah satu ciri kehamilan memang bisa muncul flek atau dalam dunia medis disebut darah implantasi. Namun Anda perlu mengetahui ciri-ciri darah implantasi itu seperti apa.

Ciri-ciri darah implantasi adalah:

  • Muncul pada hari ke 6 sampai 12 setelah berhubungan seksual.
  • Durasi darah yang keluar beberapa jam hingga maksimal 3 hari.
  • Darah yang keluar berupa bercak saja atau sangat sedikit dan tidak bergumpal.
  • Darah berwarna merah muda atau kecokelatan.
  • Tidak ada nyeri perut samasekali.

Berdasarkan cerita Anda, seharusnya darah tersebut memang bukan suatu ciri-ciri kehamilan, namun hanya siklus haid biasa saja yang sedikit terlambat dan tidak lancar. Jalankan pola hidup sehat, banyak makan sayur dan buah, minum air putih yang banyak, rutin berolahraga, dan jangan bergadang agar keseimbangan hormon-hormon di dalam tubuh bisa berjalan dengan baik.

Bila Anda masih ragu, maka Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter kandungan untuk USG.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu penyebab stretch mark pada ibu hamil adalah peningkatan berat badan dan menimbulkan rasa gatal

Kenali Penyebab Stretch Mark Berikut Ini pada Ibu Hamil

Meski tidak berbahaya untuk ibu maupun bayi di dalam kandungan, munculnya stretch mark pada ibu dapat menimbulkan rasa tidak nyaman akibat rasa gatal. Timbunya stretch mark saat hamil dapat disebabkan oleh peningkatan berat badan yang wajar dialami oleh ibu hamil.