Sedimen kristal ginjal apakah gejala batu ginjal?

L Info Penanya: L, Wanita
Dok saya mau nanya. Saya mempunyai keluhan sakit dan nyeri saat buang air kecil. Setelah melakukan tes urine untuk pendaftaran universitas, ternyata ada beberapa sedimen kristal di ginjal saya. Apakah kristal di ginjal termasuk penyakit batu ginjal dok? gimana cara pengobatannya ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore L,

Pemeriksaan urin menggambarkan apa yang terjadi dan kandungan apa saja yang ada di dalam ginjal dan saluran kencing. Adanya kristal pada urin merupakan tanda adanya endapan atau batu yang berukuran sangat kecil yang ikut terbawa air seni agar bisa dikeluarkan dari tubuh.

Batu ginjal merupakan penyakit dimana ditemukan adanya batu pada ginjal dan salurannya, yang ukurannya dapat berbeda-beda. Penyebab batu ginjal sendiri seringkali terjadi pada orang yang kurang minum air putih sehingga air kencingnya pekat dan menimbulkan endapan-endapan yang lama kelamaan akan membentuk batu, selain itu konsumsi tinggi protein dan garam juga menyebabkan batu lebih mudah terbentuk.

Penanganan batu ginjal tergantung dari berat ringannya penyakit yang ditentukan oleh besar kecilnya batu dimana batu berukuran diatas 0,5 cm seringkali membutuhkan tindakan berupa operasi, namun selain ukuran batu, jumlah batu dan lokasi batu juga menentukan terapi apa yang akan diambil oleh dokter.

Sebaiknya untuk menghindari batu semakin membesar, mulai perbanyak konsumsi air putih, dan kurangi asupan garam serta makan protein sewajarnya saja. Bila keluhan menetap, lakukan konsultasi dengan dokter urologi.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Batu ginjal atau nefrolitiasis merupakan endapan mineral yang terbentuk di dalam saluran kemih

Kenali Tanda-tanda Batu Ginjal, Mulai dari Nyeri Pinggang Hingga Demam

Batu ginjal adalah endapan mineral yang terbentuk di dalam saluran kemih. Tanda-tanda batu ginjal yaitu nyeri pinggang, nyeri saat buang air kecil, perubahan warna urine, demam dan menggigil.