20 Mar 2021, 21:16Psikologi

Apa yang menyebabkan timbul rasa sedih tanpa sebab ?

L4
Info Penanya: L40
Assalamualaikum Dok , Saya Mau Bertanya Kenapa Saya Sering Merasa Sedih , Dan Saya Suka Sekali Mengurung Diri Dlm Kamar , Saya Klo Di Kamar Itu Selalu Pengen Nangis Tapi Air Mata Gk Mau Keluar , Mulut Serasa Terkunci , Saya Padahal Cowok Tapi Saya Sering Seperti Itu Dok , Menurut Dokter Saya Mesti Gimana ?
110 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Waalaikumsaallam, R.Rasa sedih, takut, cemas, panik, bahagia, stress adalah sesuatu yang normal saat tubuh mengalami berbagai macam hal. Ini merupakan reaksi tubuh dalam mengungkapkan perasaan sehingga hati menjadi lega. Namun perasaan yang terlalu berlebihan, tanpa adanya sebab yang jelas, menganggu kehidupan normal, harus segera diatasi dengan tepat dan cepat agar tidak berlarut-larut menimbulkan komplikasi dan keluhan lain. 

Apa yang menyebabkan timbul rasa sedih tanpa sebab ?

Rasa sedih yang Anda alami adalah sesuatu yang normal jika Anda mengalami masalah, bertengkar, disakiti orang lain. Namun jika Anda menangis tanpa sebab, tiba-tiba merasa sedih, tidak semangat, ingin menyendiri, sulit untuk tidur, kehilangan minat, tidak ingin melakukan hobi yang Anda senangi, ada rasa untuk menyakiti diri sendiri bahkan bunuh diri, ini menunjukkan bahwa Anda mengalami depresi atau stress. 

Apa yang menyebabkan seseorang depresi dan stress ?

Seseorang dapat menjadi depresi dan stress karena banyak faktor antara lain :
  • Sering disakiti baik dengan tindakan maupun berupa kata-kata.
  • Anak korban dari perceraian orangtua maupun kekerasan rumah tangga.
  • Menjadi korban bully di lingkungan rumah maupun sekolah.

Cara mengatasi rasa sedih tanpa sebab

Cara mengatasi rasa sedih yang Anda alami adalah dengan selalu berpikir positif, mencoba bergaul, hindari menyendiri, melakukan hal yang menyenangkan, cerita dengan orangtua dan konsultasi ke dokter jiwa jika keluhan tidak kunjung membaik.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
mengatasi depresipenyebab depresigangguan stres akut
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil