10 Nov 2020, 10:13Psikologi

Sedih tanpa sebab

MP
Info Penanya: MP0
Halo dok saya ingin bertanya, kenapa ya kadang saya suka sedih tanpa sebab tiba tiba saja air mata keluar begitu tapi dalam waktu 1 jam-an saya sudah tidak merasa sedih lagi. dalam sebulan bisa 3 kali atau lebih merasakan hal yang seperti itu kenapa ya dok?
189 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam MP,Rasa sedih adalah perasaan yang normal bisa terjadi, terutama jika ada momen atau kejadian yang memicu rasa sedih seperti peristiwa duka, kekecewaan, kehilangan sesuatu atau orang yang disayang dan lainnya. Jika rasa sedih berlebihan atau terus menerus terjadi tanpa sebab yang jelas, atau sampai mengganggu keseharian maka perlu diwaspadai.Beberapa kondisi yang bisa menyebabkan rasa sedih tanpa sebab jelas sendiri diantaranya karena:
  • Sedang mengalami stres atau beban pikiran berlebih
  • Gangguan kecemasan
  • Gangguan suasana perasaan seperti bipolar
  • Post traumatic stress disorder
  • Perubahan hormonal
  • Penyebab lainnya
Untuk itu bisa coba mengatasi rasa sedih dengan beberapa cara seperti mengalihkan pikiran pada hal yang positif, alihkan dengan kegiatan seperti bersosialisasi pada teman, berolahraga, bercerita atau curhat pada orang yang dipercaya, melakukan relaksasi seperti berjalan-jalan, berendam air hangat, ataupun dengan kegiatan lain.Jika masih sering mengalami rasa sedih tersebut dan dirasakan mengganggu keseharian, jangan ragu untuk memeriksakan diri dan berkonsultasi pada dokter spesialis kedokteran jiwa atau psikiater ataupun berkonsultasi pada psikolog untuk mencari tahu apa penyebabnya dan dilakukan penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
kesehatan mentalgangguan psikologisberpikir positif
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil