Sedih selama 2 tahun

NL Info Penanya: NL, Wanita, 2019 Tahun
Dokter ,saya mau tanya ...saya sering merasa sedih sudah selama 2 tahun ini....emosi saya sering naik turun dan serasa ingin menangis....saya sudah berusaha menekan rasa itu tapi ketika sudah ambang batas saya selalu terfikir untuk melukai diri saya sendiri berkali2....dengan begitu saya merasa rasa sesak dan sakit di dada saya serasa berpindah keluka luar yg saya buat....apakah saya terkena gangguan depresi dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam N,

Berdasarkan keluhan yang Anda alami. Depresi adalah suatu masa terjadinya gangguan fungsi manusia yang berhubungan dengan alam perasaan yang sedih dan gejala pernyertanya, termasuk perubahan pola tidur, nafsu makan, konsentrasi, kelelahan, perubahan pada motorik,  rasa putus asa, tidak berdaya dan serta bunuh diri.

Depresi disebabkan beberapa faktor seperti faktor biologis karena didalam otak itu sendiri, faktor genetik, faktor psikososial berasal dari hubungan dengan orang lain yang bermasalah, mengalami peristiwa traumatis, situasi stres.

Untuk pengobatan dirumah, Anda dapat mengatasi depresi dengan: jangan menyendiri, olahraga teratur, konsumsi makanan sehat, dan hubungi dokter jika Anda berpikir untuk membunuh diri.

Dokter akan membantu Anda untuk melakukan psikoterapi, menggunakan obat-obatan atau terapi elektrokonvulsif.

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Sylvi

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sulli meninggal dunia akibat bunuh diri

Punya Riwayat Depresi, Sulli Ditemukan Bunuh Diri

Sulli, mantan anggota girl group korea f(x) yang juga seorang aktris, ditemukan bunuh diri di rumahnya. Riwayat depresi yang dimilikinya diduga menjadi penyebabnya.