24 Dec 2020, 20:43Psikologi

Apa itu gangguan bipolar dan cara mengatasinya ?

LT
Info Penanya: LT0
Kenapa ya saya tiba tiba merasa sedih,suasanan hati ga karuan seperti cemas,dan juga sering banget overthinking sampai berlebihan kadang saya merasa sangat bahagia tapi ada saatnya juga saya merasa sedih dan kesepian padahal ada banyak orang di sekeliling saya dan saya tidak tahu apa penyebabnya kesedihan itu kadang saya merasa tidak punya harapan,saya sering melukai diri saya,dan belakangan ini sepertinya semakin tidak baik karna saya merasa gemetar sewaktu waktu
1014 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, L.Suasana hati setiap orang dapat dipengaruhi oleh banyak faktor. Tekanan dari lingkungan sekitar, masalah yang bertumpuk, kelelahan fisik, stress karena pekerjaan, kehilangan seseorang yang dicintai dapat membuat emosi menjadi tidak stabil. Perasaan marah, sedih, terpukul, normal terjadi di dalam diri seseorang. Namun jika perasaan ini berlarut-larut tanpa ada sebab yang jelas, mengganggu aktifitas sehar-hari, sehingga hidup menjadi tidak produktif maka hal ini harus segera ditangani.

Apa itu gangguan bipolar ?

Gangguan bipolar dapat terjadi kepada siapa saja. Namun ada beberapa orang yang cenderung mengalaminya seperti pada wanita usia produktif, para remaja, dan seseorang dengan keluarga broken home. Gangguan bipolar adalah gangguan suasana hati yang dapat berubah secara cepat dari perasaan yang sangat bahagia (mania) maupun perasaan yang sangat sedih (depresi). Gejala bipolar ini sesuai dengan periode suasana hati yang dialami. Misalnya saat seseorang sedang mania, maka dia akan sangat bersemangat, tidak pernah merasa lelah, tidak ingin tidur, terus berbicara, dan merasa sangat senang dan percaya diri. Namun jika muncul perasaan depresi maka mood seseorang tersebut akan berubah dengan sangat cepat membuat dirinya menjadi pendiam, tidak bersemangat, ingin terus tidur dan menyendiri, kehilangan minat terhadap apa yang disukai, merasa bersalah, dan rendah diri, bahkan ingin menyakiti diri sendiri. Diantara dua periode bipolar ini, emosi penderitanya dapat berjalan normal dan stabil.

Bagaimana cara mengatasi gangguan bipolar ?

Cara mengatasi gangguan bipolar adalah dengan keyakinan bahwa Anda bisa terlepas dari gangguan tersebut. Jika Anda sedang berada dalam periode mania, usahakan untuk mengontrol emosi Anda, Anda boleh semangat namun dalam hal yang wajar. Begitupun saat periode depresi maka Anda harus mencoba berpikir positif terhadap apa yang terjadi, baik perlakuan atau sikap orang lain kepada diri Anda. Usahakan untuk bersosialisasi kepada teman-teman dan keluarga Anda, hindari menyendiri. Sibukkan diri Anda dengan hal-hal yang positif seperti membaca buku, atau berolahraga. Anda juga perlu bantuan terapi dari psikiater untuk mengurangi keluhan yang Anda alami. Jangan pernah berpikir untuk menyakiti diri sendiri. Buang perasaan itu jauh-jauh dan segera panggil bantuan jika Anda merasa ingin bunuh diri atau menyakiti diri sendiri.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
bipolarpost traumatic stress disorder (PTSD)gangguan stres akut
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil