Sedih dan cemas berkepanjangan bagaimana solusinya?

SN Info Penanya: SN, Pria, 25 Tahun
Dokter, saya laki laki 25 th, setiap hari saya dan ibu saya merawat ayah yang sudah lansia, sakit stroke sejak lama dan setiap malam sering teriak2. Nah saya selalu merasa sedih melihat dan memikirkan keadaan ayah saya, kasihan dan tiap malam seperti stres dan tidak bisa tidur mendengarkan teriakan2 beliau. Saya mencoba ikhlas dan menerima keadaan dan tetap tidak bisa, stress , sedih, kasihan, bercampur sehingga sulit saya merasakan bahagia. Tolong Dok solusinya biar saya memiliki rasa bahagia.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi SN,

Kondisi lingkungan sekitar yang tidak mendukung memang seringkali menimbulkan beban pikiran yang bisa berakhir dengan stres, depresi, hingga cemas berlebihan. Terlebih situasi merawat seseorang yang sedang sakit tentulah tidak mudah.

Perihal kondisi ayah Anda yang paska stroke dan seringkali berteriak-teriak bisa saja disebabkan oleh kondisi ayah Anda sendiri yang belum menerima keadaannya yang mungkin tidak dapat beraktivitas seperti sedia kala dan masih bergantung pada orang sekitarnya, atau memang adanya kerusakan permanen pada otaknya. Pada pasien stroke akibat adanya sumbatan atau pecahnya pembuluh darah di otak maka tentunya akan mempengaruhi fungsi otak. Dan seringkali terjadi kemunduran fungsi otak sehingga akan bertingkah seperti anak-anak hingga seperti pasien gangguan mental.

Yang perlu dilakukan adalah penyesuaian dari orang-orang sekitarnya dengan cara:

  • Berusaha menerima kenyataan bahwa merawat orang yang sedang sakit terlebih ada gejala sisa stroke tentu tidak mudah dan dibutuhkan ekstra kesabaran.
  • Lakukan kegiatan lain yang menyenangkan untuk menyeimbangkan suasana hati Anda.
  • Berikan pengobatan yang baik dan rutin bagi ayah Anda agar penyakitnya segera membaik atau setidaknya semakin memburuk.

Selain itu lakukan konseling ke psikolog untuk membantu Anda menerima kenyataan yang ada agar Anda bisa lebih nyaman saat di rumah.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu gangguan jiwa berupa gangguan kecemasan bisa ditandai dengan sulit tidur

Mengenal Jenis-Jenis Gangguan Jiwa pada Manusia

Gangguan jiwa memiliki banyak jenis, seperti depresi, gangguan kecemasan, skizofrenia, bipolar, gangguan kepribadian, serta gangguan makan. Namun tipe-tipe ini memiliki pengelompokan tersendiri pula.