Sedang minum obat TB tetapi ada yang tertinggal

RS Info Penanya: RS, Wanita, 2019 Tahun
Selamat malam, maaf saya mencari dokter nur nina rosrita dan ketemu disini mau tanya,Mohon bantuannya saya mau tanya dok, seharusnya sy minum obat tb kelenjar rifampicin dan tb vit tp hny minum rifampicin saja krn sedang bepergian dan tb vit nya ketinggalan. Apakah tidak apa2? Sekali lg maaf dan terimakasih banyak dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang R,

Untuk fitur mencari dokter yang Anda gunakan merupakan fitur mengetahui lokasi dan jam praktek dokter ataupun layanan booking dokter. Tetapi mohon maaf beliau tidak memberikan pelayanan tanya jawab di forum ini. 

Akan coba saya berikan sedikit jawaban mengenai kondisi yang dialami. Pengobatan tuberkulosis  kelenjar perlu dilakukan selama 6-9 bulan dimana akan terbagi menjadi 2 fase yaitu fase intensif selama 2-3 bulang dan fase lanjutan 4-7 bulan. Pada fase intensif obat perlu diminum setiap hari dan pada fase lanjutan obat diminum 3 kali seminggu.

Melihat obat yang diberikan Anda sudah memasuki pengobatan fase lanjutan dimana diberikan obat rifampisin dan obat campuran isoniazid dan vitamin b6 (TB vit 6). Obat campuran tersebut juga mengandung antibiotik isoniazid yang perlu diminum sesuai jadwal, untuk itu apabila terlewat sekali perlu tetap lanjutkan minum obat di jadwal berikutnya (rifampisin + tb vit 6). Tetapi harus dihindari untuk terlewat tidak meminum obat lagi karena dapat membuat pengobatan menjadi tidak optimal dan meningkatkan risiko kekebalan bakteri terhadap pengobatan. Anda juga dapat melakukan kontrol secara berkala untuk memantau perkembangan pengobatan yang Anda lakukan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Necrotizing fasciitis merupakan infeksi kulit langka akibat bakteri

Pahami Gejala Infeksi Kulit Necrotizing Fasciitis

Necrotizing fasciitis merupakan infeksi kulit langka akibat bakteri yang menyebar dengan begitu masif. Penanganan cepat menjadi kunci kesembuhan. Gerbang masuk ke tubuh manusia paling mudah bagi bakteri adalah saat ada luka terbuka, luka bakar, gigitan serangga, hingga luka pascaoperasi.