Sedang menjalani radioterapi di kepala, apakah rambut tidak boleh dikeramas?

RF Info Penanya: RF, Wanita, 2019 Tahun
Dok saya ingin bertanya Bibi saya sdng menjalani radio terapi karena metats Ca otak Yg ingin ditanyakan apakah selama radioterapi bagian kepala atau rambut tdk boleh dikeramas? Atau bagaimana ya dok. Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, RFT

Terimakasih telah bertanya di Forum SehatQ.

Tidak ada larangan untuk mencuci rambut kepala selama radioterapi, kemungkinan rambut akan mengalami kerontokan akibat radioterapinya. Sampo yang digunakan tidak boleh mengandung parfum atau alkohol. Maka sebaiknya anda konsultasi dengan dokter tentang produk yang akan digunakan. Berikut beberapa anjuran cara merawat diri selama menjalani radioterapi.

  • Istirahat yang cukup. Banyak yang kelelahan dan tak bertenaga selama menjalani radioterapi. Sehingga pekerjaan sehari-hari sebaiknya dibantu teman atau keluarga.
  • Ikuti perintah dokter. Bila ada demam segera hubungi dokter anda.
  • Makan yang bergizi dan seimbang dengan kandungan vitamin dan mineral yang anda butuhkan. Tidak boleh menjaga makan karena radioterapi membutuhkan lebih banyak kalori.
  • rawat kulit yang terpapar radiasi karena akan menjadi merah dan sensitif seperti terbakar matahari. Ikuti intruksi khusus dari RS untuk perawatan kulitnya. Sebaiknya menggunakan air hangat dan sabun yang lembut yang telah diperbolehkan dokter anda. Hindari lotion, deodoran, parfum atau bedak yang tidak disetujui. Jangan meletakkan sesuatu yang panas / dingin seperti ice pack atau bantalan pemanas. Hindari matahari, kenakan topi atau pakaian untuk melindungi kulit. Gunakan sunblock dengan SPF minimal 15.

Semoga informasi dari saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu tanda kanker endometrium adalah haid yang tidak teratur

Kenali Sejak Dini Gejala Kanker Rahim Berikut Ini

Sebagian besar kasus kanker rahim terjadi pada lapisan dinding rahim yang dinamakan endometrium. Sehingga, kanker rahim juga sering disebut sebagai kanker endometrium.