Sedang hamil jika makan rasanya begah dan kembung

MM Info Penanya: MM, Wanita, 27 Tahun
Assalamualaikum ..Maaf dok,, saya sedang hamil,, knpa ya kok kalau di kasih makan rasanya begah, kembung gitu,, jadi serba salah, di isi begah gak di isi perut perih...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MM,

Perut yang terasa kembung dan begah saat hamil dapat timbul karena beberapa penyebab seperti:

  • Tekanan rongga perut akibat pertumbuhan janin yang makin berat
  • Pengaruh hormonal
  • Makanan dan minuman yang mengandung gas
  • Makan terlalu cepat sehingga banyak menelan udara
  • Adanya gangguan pencernaan seperti infeksi pada saluran pencernaan
  • Efek samping obat seperti suplemen zat besi

Untuk mengatasi perut kembung dapat dilakukan beberapa upaya seperti makan dengan porsi kecil tetapi lebih sering, makan perlahan dan tidak banyak berbicara saat makan, hindari makanan yang mengandung gas seperti brokoli, kembang kol, kubis, makanan berlemak, gorengan, ataupun minuman bersoda, batasi juga makanan yang terlalu manis. Lakukan juga peregangan ringan untuk melancarkan pencernaan dan hindari paparan asap rokok. 

Jika keluhan kembung tidak juga membaik dengan cara yang sudah dijelaskan, timbul sakit perut, mual atau muntah ada baiknya untuk memeriksakan diri pada dokter agar diketahui apa yang menjadi penyebabnya. Nantinya diberikan penanganan baik pemberian obat ataupun suplemen seperti vitamin B6 untuk meredakan rasa begah dan kembung. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Operasi usus buntu pada ibu hamil sebaiknya dilakukan pada trimester awal kehamilan

Operasi Usus Buntu Saat Hamil, Aman Asalkan…

Operasi usus buntu pada ibu hamil sebaiknya dilakukan pada trimester awal kehamilan. Agar risiko terjadinya komplikasi kecil. Pascaoperasi ibu hamil dapat kembali beraktivitas, karena dapat mempercepat proses pemulihan.