23 Aug 2021, 21:51Kandungan

Sebulan mengalami haid 2 kali. apakah normal?

IR
Info Penanya: IR0
Assalamualaikum dok izin bertanya namanya saya Intan umur 18 th. Dok apakah normal untuk remaja mens 2 kali dalam sebulan? . Dikarenakan saya sudah lebih dari 6 bulan mengalami mens dua kali dalam satu bulan dengan jarak 15-17 hari. Dan durasi haid 5-7 hari. Darah yang keluar bisa dibilang normal dan hanya sedikit mengalami sakit perut.
99 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat Siang IR,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Siklus haid wanita berbeda-beda, rata-rata mengalami siklus haid selama 21-35 hari. Dengan rata-rata mengalami siklus haid selama 28 hari. Jika Anda mnengalami siklus haid 21 hari atau lebih pendek, ada kemungkinan Anda bisa mengalami haid hingga 2 kali dalam sebulan.

Beberapa kemungkinan penyebab haid 2 kali dalam sebulan :

  • Stres
  • Siklus haid yang berubah-ubah
  • Berat badan berlebihan atau berat badan kurang
  • Penggunaan alat kontrasepsi tertentu
  • Masa pubertas
  • Gangguan pada hormon tirod
  • Penyakit organ reproduksi seperti endometriosis atau fibroid rahim
Jika Anda mengalami haid 2 kali dalam sebulan disertai dengan nyeri perut, badan lemas, haid yang keluar banyak dana panjang bisa lebih dari  hari, nyeri pada daerah panggul, sebaiknya periksakan lebih lanjut ke dokter kandungan. Anda juga bisa berkonsultasi secara online chat ke dokter kandungan.Untuk mengatasi keluhan Anda, konsumsi makan makanan bergizi perbanyak sayur dan buah, konsumsi air putih minimal 2-3 liter/hari, istirahat cukup, management stres dengan baik, terapkan pola hidup sehat, hindari rokok dan alkohol.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
siklus haidhaidgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil