27 Sep 2021, 11:41Kandungan

keluar flek 2minggu setelah haid apakah bahaya?

PS
Info Penanya: PS0
Assalamualaikum dok ijin bertanya sya haid tgl 8-13 september 2021,tgl 9-13 flek coklat hari ini keluar darah merah tua kecoklatan seperti mau selesai haid , tetapi tidak sakit perut atau nyeri lainnya .. Itu kenapa ya dok apa berbahaya ? Terimakasih sebelumnya?
81 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo P,Haid umumnya akan berlangsung dalam 21-35 hari sekali dengan durasi lama haid sekitar 3-7 hari. Jika sebelumnya Anda haid ditanggal 8, dan hari ini tanggal 27 Anda kembali haid artinya keluhan ini tidak normal karena baru berjarak 19hari. Namun jika yang keluar hanya flek darah warna merah tua, maka belum tentu keluhan yang Anda rasakan saat ini adalah haid.

Penyebab flek darah 

Darah haid dapat berwarna merah muda hingga coklat kehitaman tergantung berapa lama darah tersimpan di rahim sebelum akhirnya dikeluarkan di vagina dan semakin lama darah tertahan maka akan semakin berubah menjadi gelap. Adanya  flek darah yang terjadi diluar siklus haid dapat disebabkan berbagai faktor, beberapa diantaranya adalah
  • Tanda akan haid jika semakin hari darah semakin banyak
  • Flek kehamilan jika sebelumnya ada riwayat hubungan seksual
  • Penggunaan KB hormonal sehingga hormon tubuh terganggu
  • Gangguan di organ reproduksi
  • Gangguan hormonal karena stres, atau kelelahan berlebihan
Yang perlu diwaspadai dan dilakukan pemeriksana lebih lanjut ke dokter kandungan adalah apabila flek keluar terus menerus selama lebih dari 71minggu atau disertai demam dan nyeri perut hebat atau keputihan abnormal. Sementara itu, jaga kebersihan orgam intim Anda dengan lebih baik.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
gangguan menstruasiflek kecoklatanflek darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil