Sebulan haid 2 kali, kenapa ya dok?

VO Info Penanya: VO, Wanita, 20 Tahun
Dok saya mau tanya biasanya saya haid teratur sebulan sekali tapi bulan kemaren say haid sebulan 2 kali itu kenapa ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang V,

Menstruasi normal adalah terjadi 1 bulan sekali atau siklus normalnya adalah 21-35 hari sekali. Jika siklusnya pendek, misalnya 21 hari maka dalam sebulan bisa terjadi 2 kali. Bisa haid di awal bulan dan diakhir bulan, misalnya haid di tgl 1 lalu di tanggal 22 bisa kembali haid dan itu masih bisa dikatakan menstruasi yang normal.

Penyebab siklus menstruasi tidak normal

Apabila dalam sebulan terjadi 2 kali haid tapi siklusnya lebih pendek dari 21 hari, bisa merupakan siklus menstruasi yang tidak normal. Penyebab siklus yang tidak normal sendiri bermacam-macam, diantaranya adalah:

  • Ketidakseimbangan hormonal
  • Mengalami stres fisik atau stres psikologis misalnya banyak beban pikiran
  • Perubahan berat badan yang drastis
  • Penggunaan alat kontrasepsi atau KB terutama KB hormonal
  • Adanya masalah di organ reproduksi misalnya kista, tumor jinak, polip, adenomiosis dan lainnya

Jadi jika baru pertama kali terjadi di bulan ini haid sampai 2 kali, coba perbaiki dulu kesehariannya agar haid bisa kembali lancar. Tapi jika sering kali timbul perdarahan juga diluar masa menstruasi atau siklus haid yang pendek diluar normal, sebaiknya bisa memeriksakan diri pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Nantinya bisa dilakukan pemeriksaan seperti USG dan diberikan penanganan sesuai penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pembalut herbal mengandung campuran rempah berkhasiat yang disebut dapat membantu menstruasi lebih teratur

Diklaim Bermanfaat, Amankah Pembalut Herbal untuk Digunakan?

Meskipun normal, bau vagina ketika menstruasi dapat membuat tidak nyaman. Saat ini, sudah tersedia pembalut herbal dengan kelebihannya yang dapat menutupi bau tak sedap akibat darah menstruasi. Seberapa efektif dan amankah pembalut herbal?