26 Dec 2019, 16:24Pernapasan

Seberapa efektif masker mulut untuk polusi udara?

NK
Info Penanya: NK, Wanita, 31 Tahun
halo dok, saya lagi flu dan setiap hari harus pergi ke kantor yang jaraknya jauh. apakah masker yang dijual di toko bisa untuk menyaring udara di jalanan kaya debu/asap?
16052 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat sore, LM.Terimakasih atas pertanyaan Anda.Masker merupakan salah satu bentuk alat pelindung diri (APD) yang biasanya digunakan dalam dunia medis atau untuk keperluan perlindungan dari penularan penyakit infeksi saluran napas. Namun, saat ini penggunaan masker telah menjadi lebih umum terkait dengan kadar polusi udara yang kian meningkat khususnya di Indonesia.

Polusi udara sendiri dapat berdampak negatif bagi kesehatan tubuh kita. Dalam jangka panjang, udara yang berpolusi dapat menyebabkan beberapa kondisi medis seperti berikut ini :

  • Menjadi lebih mudah terkena infeksi
  • Memicu terjadinya peradangan pada jaringan paru-paru
  • Dapat memicu tejangkitnya penyakit paru-paru
  • Memicu kekambuhan penyakit asma bagi yang mimiliki
  • Meningkatkan risiko terkena penyakit jantung
  • Meningkatkan risiko berat badan lahir rendah pada janin jika terpapar pada ibu hamil 
  • Mengganggu perkembangan anak
Terkait dengan pertanyaan Anda tentang masker yang dapat digunakan untuk menyaring udara atau masker anti polusi, pada dasarnya memiliki jenis khusus. Masker anti polusi ini berbeda dengan masker biasa atau masker bedah. Masker yang dijual bebas umumnya hanya dapat melindungi saluran pernapasan dari partikel yang besar atau percikan cairan dari batuk dan bersin oarang lain yang mungkin mengandung virus atau bakteri, sedangkan partikel yang kecil seperti partikel yang terkandung dalam polusi udara masih dapat terhirup. Namun setidaknya, dengan menggunakan masker mulut, Anda dapat mencegah dan mengurangi efek negatif polusi dan kuman yang terkandung di udara.Salah satu jenis masker yang tepat untuk mencegah polusi udara adalah jenis masker respiratori N95 yang didesain khusus sesuai fungsinya, yakni melindungi pengguna dari partikel-partikel kecil dan seluruh polutan sebanyak kurang lebih 95%. Namun, penggunaan masker ini tidak dapat sembarangan dan terdapat beberapa aturan pemakaian yang perlu diperhatikan.Berikut saya lampirkan artikel terkait penggunaan masker anti polusi N95 sebagai informasi yang lebih lanjut jika Anda hendak menggunakan masker tersebut. Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.Salam sehat,dr. Rahmita Dewi
saluran pernapasanpolusi udaramasker wajah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil