25 Sep 2021, 12:14Penyakit Lainnya

Seberapa efektif diet luka bakar?

S
Info Penanya: S0
Dok, apa benar menyembuhkan luka bakar bisa dilakukan dengan diet luka bakar? Apa manfaat dari diet ini? Lalu, mapa saja akanan wajib yang harus dikonsumsi selama menjalankan diet ini? Kasih tips untuk menjalankan diet ini agar berhasil.
86 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Elsinda Eka Sari
(0)
Selamat malam, GA.Luka bakar merupakan salah satu trauma yang terjadi pada kulit dan dapat menyebabkan kematian. Tingkat keparahan luka bakar pun dibagi menurut parahnya kedalaman luka yang disebabkan oleh panas terhadap kulit.

Derajat luka bakar :

  • Derajat I. Derajat paling ringan karena luka hanya mengenai lapisan kulit paling luar (epidermis), penampakan lukanya pun kemerahan dan terkadang disertai nyeri. Sebagai contoh kulit yang terpapar sinar matahari.
  • Derajat II. Mengenai lapisan dermis dan pembuluh darah, penampakan luka kemerahan, nyeri dan disertai gelembung yang berisi cairan (luka lepuh).
  • Derajat III. Kulit dapat ditemui berwarna putih, cokelat bahkan kehitaman, tidak nyeri dan lepuh.
Asupan gizi yang baik tentunya membantu proses penyembuhan luka. Khususnya pada luka bakar dikenal dengan diet luka bakar. Hal ini disebabkan karena penderita luka bakar kehilangan banyak energi sehingga membutuhkan asupan kalori yang lebih tinggi dari biasanya untuk memperbaiki kerusakan jaringan yang terjadi pada kulit.

Jenis makanan wajib pada diet luka bakar :

  • Salah satu sumber energi utama, dibutuhkan 20%-25% dari total asupan makanan. Jika protein kurang maka dapat menghambat proses penyembuhan dan menunrunkan massa otot tubuh.
  • Sumber energi terbesar, membutuhkan 50%-60% dari total asupan makanan.
  • Dibutuhkan sebagai cadangan energi ekstra untuk meningkatkan metabolisme.
  • Vitamin dan mineral
Demikian penjelasan mengenai diet luka bakar. Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter spesialis gizi mengenai hal ini. Sekian dan semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Elsinda
makanan dietdiet sehatluka bakarpenyembuhan luka
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil