Seberapa ampuh obat sakit gigi cataflam?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dok, mau tanya. Saya wanita, berusia 27 tahun sedang hamil, 7 bulan (31 minggu). Mau tanya, obat sakit gigi cataflam sebenarnya seberapa ampuh sih? Lalu bagaimana dosis dan cara pakai yang dianjurkan? Apakah ada yang perlu diperhatikan untuk saya yang sedang hamil ini, dok? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, FF.

Cataflam adalah merek dagang dari obat yang mengandung potassium diklofenak. Obat ini termasuk golongan NSAID, yang dapat berfungsi sebagai antiradang dan antinyeri. Obat ini tergolong cukup ampuh, sehingga seringkali digunakan untuk beberapa kondisi seperti sakit gigi, dismenore (sakit saat haid), ataupun sakit setelah operasi. 

Dosis potassium diklofenak yang direkomendasikan adalah 75-150 miligram per hari, yang terbagi menjadi 2-3 dosis. Dosis harus disesuaikan dengan berat atau ringannya kondisi serta beberapa faktor lain. Karena obat ini memiliki efek samping gangguan pencernaan, maka disarankan untuk mengonsumsinya setelah makan.

Bagi ibu hamil 31 minggu, potassium diklofenak tergolong ke dalam kategori D, yang artinya obat ini hanya disarankan digunakan selama kehamilan apabila tidak ada alternatif lain. Lalu, perlu diketahui bahwa obat ini termasuk obat keras. Oleh karena itu, hindari mengonsumsi obat ini tanpa petunjuk dokter.

Sebagai informasi tambahan, sakit gigi biasanya timbul apabila ada gigi berlubang. Oleh karena itu, selain mengonsumsi obat-obatan, berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan di rumah untuk mengurangi nyeri:

  • Berkumur dengan air garam 
  • Mengompres pipi dengan handuk dingin
  • Menggunakan bahan alami seperti minyak cengkeh, bawang mentah, atau cuka apel

Lalu, apabila sudah tidak nyeri, segera periksakan kondisi Anda ke dokter gigi, agar dapat dilakukan pengobatan seperti penambalan atau pencabutan, yang akan disesuaikan juga dengan kondisi kehamilan Anda. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ibu hamil 3 bulan perutnya belum terlalu besar, namun janinnya terus berkembang

Hamil 3 Bulan, Ini yang Terjadi pada Ibu dan Janin

Saat hamil 3 bulan, janin sudah mulai akan menendang, mengisap jari, dan mulai bisa menutup mata. Sementara untuk ibu, usia kehamilan ini bisa terasa lebih ringan dibanding masa awal karena gejala kehamilan sudah mulai reda.