Demam apakah Demam Berdarah atau Tifus atau yang lainnya?

GB Info Penanya: GB, Pria, 24 Tahun
Saya mulai sakit tgl 1 feb, panas naik turun, merasa kedinginan juga, hingga sampai Kamis di cek darah akhirnya ketauan trombositnya turun 112. Banyak yang mengira takutnya DB maka caper dilarikan di rs untuk opnam disana, setelah di cek katanya benar kena DB, lalu setelah 2 hari katanya sudah boleh pulang nanti panasnya juga bakal sembuh sendiri tapi nyatanya saat kontrol si dokter pun bilang itu bukan penyakit DB atau tipes karna ada yang negatif, sedangkan demampun masih dirasakan, sakit apa?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang GB,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Demam berdarah merupakan penyakit yang disebabkan karena infeksi virus dengue. Virus ini masuk dari gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Gejala demam umumnya timbul 4-7 hari setelah gigitan, demam tinggi bisa mencapai 40 C, nyeri kepala berat, nyeri sendi otot, nyeri belakang mata, nafsu makan menurun, mual dan muntah, pembengkakan kelenjar getah bening, petechie, perdarahan hidung atau gusi. Diagnosis demam berdarah berdasarkan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti cek darah (trombosit yang menurun)

Tifus (tipes) atau demam tifoid adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhii. Tifus dapat menular melalui konsumsi makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi tinja yang mengandung bakteri Salmonella typhii. Gejalanya demam panjang dan tinggi, sakit kepala, kehilangan nafsu makan, lidah kotor / putih, diare / sembelit. Diagnosis dari tifus bisa ditegakkan dari pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti tes widal atau tes IgG dan IgM salmonella.

Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut ke dokter Spesialis Penyakit Dalam.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Periksa pakaian dan genangan air, jangan sampai nyamuk aedes aegepty berkembang biak

Musim Hujan Datang, Awas Bahaya Demam Berdarah Dengue (DBD)!

Selain memeriksa genangan air dan mendapat vaksin, Anda juga perlu melakukan beberapa langkah berikut ini supaya Anda dan keluarga terhindar dari bahaya DBD yang mengintai di musim hujan ini.