Sebelumnya suntik KB 3 bulan dan menyusui tidak menstrusi. Setelah berhenti menyusui haidnya tidak teratur?

AM Info Penanya: AM, Wanita
Maaf dok saya mau tanya, saya kan suntik kb 3 bln, selama saya menyusui saya tidak menstruasi,, tapi setelah tidak menyusui saya menstruasi,,, lamanya haid bisa sampe 1 bln,,, dan sering bgt haid dua minggu haid ,,,kenapa bisa gitu ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AM

Pada saat anda menggunakan KB suntik 3 bulan memang anda tidak akan mengalami menstruasi karena ada tambahan hormon dari KB suntik yang mengakibatkan menstruasi tidak keluar. Pada saat memberi ASI juga terjadi stimulasi pada puting dan payudara yang menghasilkan peningkatan hormon sehingga menstruasi juga ditekan. Setelah efek dari keduanya tidak ada, maka tubuh anda perlu beradaptasi kembali dan mengatur keseimbangan hormon agar siklus haid menjadi teratur.

Proses adaptasi tersebut tidak instan dan memerlukan waktu bisa beberapa siklus haid baru menstruasi seperti sediakala dari segi jumlah dan rentangnya. Tapi bukan berarti anda belum bisa hamil kembali. Jangan lupa istirahat yang cukup, makanan yang bergizi dan hindari stres karena bisa mengakibatkan gangguan menstruasi.

Bila setelah beberapa siklus belum ada perbaikan, maka anda bisa konsultasi langsung dengan Dokter Spesialis Kandungan untuk dilakukan pemeriksaan USG. Untuk memastikan kondisi organ kandungan anda.

Cara Menghentikan Darah Haid Berlebihan Berdasarkan Rekomendasi Dokter

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Berdasarkan kepercayaan, ada tiga shio yang harus lebih memperhatikan kesehatan pada tahun babi ini

Kesehatan di Tahun Baru Imlek, 3 Shio Ini Perlu Waspada

Memasuki Imlek di tahun babi ini, ada tiga shio yang harus memberikan perhatian lebih pada kondisi kesehatan, yaitu bagi shio kuda, kelinci, dan tikus.