Sebelum haid keluar flek coklat, apakah normal?

CW Info Penanya: CW
Dok sy mau tnya apakah normal sblm haid keluar flek coklat. Di iringi sakit perut seperti panas yg terkadang muncul kadang reda lg. Tlg penjelasannya dok. Krn sudah 4 period ini mengalami flek coklat dan perut panas. Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, C

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Normalnya setiap wanita akan memiliki siklus haid setiap 21 - 35 hari, dan rata-rata wanita mempunyai siklus haid 28 hari. Lamanya proses haid seorang wanita dikatakan normal bila terjadi pada 3 - 7 hari yang diawali dengan keluarnya bercak darah atau flek, kemudian keluarnya darah cair kekentalan atau bahkan gumpalan, dan diakhiri dengan flek kemudian berhenti.

Ketika sedang haid, darah yang muncul memiliki warna yang beragam mulai dari merah terang, merah kecoklatan, atau bahkan kehitaman. Kondisi ini merupakan kondisi yang wajar. Selain itu, bagi beberapa wanita, juga meraskan dismenore atau nyeri saat menjelang dan atau saat haid. Selain dismenore, tidak sedikit pula yang merasakan premenstrual syndorme (PMS)

Adapun beberapa gejala PMS yang sering terjadi adalah:

  • Perut terasa tidak nyaman
  • Nyeri otot
  • Nyeri pada perut bawah
  • Mudah cemas atau bahkan mudah marah

Terkait dengan keluhan Anda, kondisi ini bisa saja wajar terjadi pada wanita. Namun, bila keluhan yang Anda rasakan dirasa cukup menggangu dan terjadi setiap kali haid sebaiknya segera periksakan ke dokter spesialis kandungan terdekat untuk mendeteksi apabila ada penyakit lain pada organ reproduksi wanita.

Agar haid lancar dan tidak nyeri, lakukan beberapa saran berikut:

  • Konsumsi makanan sehat bergizi
  • Perbanyak sayur dan buah (kacang-kacangan, sayuran hijau)
  • Konsumsi produk olahan susu (keju, yoghurt, susu)
  • Hindair makanan manis dan juga berlemak
  • Hindari alkohol, minuman berkafein (kopi)
  • Lakukan olahraga rutin
  • Hindari stres dan tidur dengan cukup

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh DY
25 Aug 2020, 13:53
Dok saya haid bulan lalu tanggal 13 juli sampai tanggal 15 juli. Saya berhubungan badan dengan suami tanggal 24 juli karena kami tempat tugasnya jauh. Bulan ini sudah tanggal 25 agustus saya belum haid juga. Apa iti saya sudah hamil dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
25 Aug 2020, 20:26
Selamat malam DY,
Bila Anda memiliki siklus haid 28 hari, maka perkiraan masa subur Anda di tanggal 25-29 Juli. Bila Anda berhubungan seksual di tanggal 24 Juli maka masih ada kemungkinan terjadi kehamilan, sehingga bisa tes pack bila sudah terlambat haid 1 minggu untuk memastikan sedang hamil atau tidak.
Salam sehat,
dr. Vina
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara alami seperti berolahraga, orgasme, jahe, atau tanaman adas dapat membantu menghentikan haid yang berkepanjangan

5 Cara Menghentikan Haid yang Berkepanjangan, Wanita Wajib Tahu

Periode haid umumnya berlangsung selama 2-7 hari. Jika periode berlangsung lebih lama atau menimbulkan nyeri yang berlebihan, ada cara alami yang dapat dilakukan untuk membantu memperpendek periode haid seperti berolahraga, orgasme, jahe, atau tanaman adas yang terbukti mengandung analgesik dan antiperadangan.