Sebelum ejakulasi keluar cairan putih encer berbau sperma, apa itu nromal ?

KM Info Penanya: KM, Pria
Selamat Siang Dok, sebelum ejakulasi penis saya selalu mengeluarkan cairan putih encer sedikit berbau sperma dengan jumlah sedikit. apakah itu normal? Saat keluar tidak disertai gejala apapun. Dan untuk kondisi sperma saya pikir normal
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam KM,

Organ reproduksi pria mempunyai beberapa komponen yang diantaranya berfungsi untuk menghasilkan hormon testoteron, sperma, pelindung dan penjaga suasana basa pada sperma agar kesehatan sperma stabil sebelum membuahi sel telur (ovum).

Beberapa komponen sistem reproduksi pria diantaranya :

  1. Testis sebagai penghasil sperma dan hormon testosteron
  2. Skrotum pelindung testis
  3. Kelenjar cowper sebagai penghasil pelumas untuk penjaga kestabilan sperma, berwarna jernih agak lengket dan keluar sebelum sperma diejakulasikan. 
  4. Kelenjar epididmis sebagai sebagai pemberi nutrisi sperma.

Menurut keterangan Anda yang Anda temukan mengarah ke point 3 dan hal ini lumrah sebelum ejakulasi sperma asal tidak dibarengi rasa panas, nyeri, cairan berwarna atau bahkan darah. Bersama ini saya sertakan artikel Cara meningkatkan kesuburan sperma untuk menambah wawasan Anda. Konsultasikan masalah Anda dengan dokter spesialis andrology apabila Anda mempunyai pertanyaan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Ghifara Zuhda

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Normozoospermia mengindikasikan kualitas sperma yang subur

Normozoospermia, Golongan Sperma Subur untuk Mencapai Kehamilan

Normozoospermia merupakan spesifikasi yang digunakan dalam tes pemeriksaan sperma untuk menandakan kualitas dan kuantitas sperma dalam kondisi normal (subur). Hasil tes ini juga dapat mengindikasikan tingkat kesuburan Anda,