Keluar darah seperti haid saat hamil muda, normal atau tidak?

MA Info Penanya: MA
Haloo dok mau tanya saya sudah tlat 3 bulan,saya mmng haidny tidak teratur,saya sudah kedokter dan suda tes hasilny garis 2,di usg jga sudah nmpak kntongny kata dokter,ukuran kantongny 0,8 tpi udah 4 hari ini saya keluar darah seperti haid biasa,apakah itu pertanda buruk dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, M.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Salah satu ciri kehamilan adalah telat haid. Telat haid pada seorang wanita selain karena kehamilan, dipengaruhi juga oleh faktor stres, kelelahan fisik, pola makan yang buruk, berat badan yang tidak ideal, penggunaan KB, dan kondisi medis seperti PCOS, gangguan tiroid, fibroid rahim, dll.

Kondisi telat haid yang Anda alami ini adalah karena kehamilan. Jika dari hasil USG sudah nampak kantung janin, maka kemungkinan usia kehamilan Anda sekitar 5-6 minggu. 

Pada usia kehamilan seperti ini atau trimester pertama, biasanya akan muncul bercak-bercak darah dari vagina. Ini merupakan hal yang normal dan dikenal dengan tanda implantasi bakal janin ke rahim. Tetapi, jika keluar darah dari vagina dalam jumlah yang cukup banyak seperti darah haid dan disertai dengan perut yang sakit, maka yang dikhawatirkan adalah itu tanda dari keguguran.

Sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan langsung ke dokter kandungan kembali agar dapat dipastikan bahwa kandungan Anda dalam kondisi baik. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kekurangan elektrolit saat hamil muda dapat menyebabkan mual dan muntah

Hamil Muda? Awasi 7 Masalah Trimester Pertama Kehamilan Ini!

Saat hamil muda, berbagai permasalahan yang dapat muncul adalah perdarahan dan gatal di vagina, mual dan muntah, demam tinggi, sakit saat kencing, hingga sakit kepala.