02 Dec 2020, 10:21Kandungan

Apakah menggunakan KB tetap bisa hamil?

IA
Info Penanya: IA0
Dok, z mau bertanya tentang seseorang yg sdh mengikuti KB suntik 1bln namun dlm sebulan haid tdk teratur seperti ada bercak dan itu terjadi dlm beberapa minggu..namun gejala yg dia alami seperti tidak ada nafsu makan,, perut terasa mual, mudah kelelahan apa bisa di kategorikan positif hamil.terima kasih.
218 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat sore, IATerima kasih atas pertanyaannya.Suntik KB memiliki dua jenis yaitu yang setiap 1 bulanan dan 3 bulanan.  Perbedaan ada pada hormon yang terkandung pada masing-masing jenis suntik.  KB 1 bulanan memiliki kombinasi hormon sintetik estrogen dan progesteron.  Hormon ini berfungsi untuk mencegah pelepasan sel telur agar tidak terbuahi serta menghambat sel telur yang terlanjur dibuahi untuk berkembang menjadi janin di dinding rahim.  Setiap kontrasepsi memiliki efek samping masing-masing.

Efek samping KB 1 bulan :

  • Menganggu siklus haid. Haid menjadi jarang, sedikit, banyak,sering atau bahkan tidak haid sama sekali.
  • Perdarahan di luar siklus haid.
  • Peningkatan berat badan.
  • Sakit kepala.
  • Gangguan pada pencernaan seperti perut kembung.
  • Perubahan suasana hati.
Pada beberapa pengguna KB suntik juga akan merasakan keluhan seperti badan lemas, mual, tidak nafsu makan karena efek dari hormon progestin. 

Penyebab kebobolan pada pengguna suntik KB :

  • Telat jadwal suntik.
  • Berhubungan intim tanpa pengaman setelah suntik dimana suntik KB perlu waktu sekitar 5-7 hari untuk bekerja dengan efektif. 
  • Walaupun 99% mencegah kehamilan, suntik KB memiliki risiko kehamilan 1%.  Misal dari 100 wanita suntik KB, ada kemungkinan 1 wanita yang hamil. 
Jadi, yang anda tanyakan apabila keluhan tersebut terjadi setiap suntik maka merupakan hal yang normal terjadi pada pengguna suntik KB.  Pastikan tidak telat jadwal suntik dan perhatikan waktu efektif KB untuk mencegah kehamilan. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
kehamilanpenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil