Scabies apa obatnya?

AR Info Penanya: AR, Wanita, 20 Tahun
assalamualaikum dok, saya sudah lebih dari 3 minggu ini mengalami gatal2 dan bentol besar merah seperti digigit semut. beberapa hari yang lalu gatelnya sempet kering dan tinggal bekasnya aja. tapi minggu lalu saya periksakan ke puskesmas, dan dikasih obat scabimite sam cetirizine itu kan obat buat scabies ya dok? tapi akhir2 ini kok malah bentolnya muncul lagi dan makin banyak.lalu untuk menyembuhkan scabies ini, apakah ada obat tanpa resep yg bisa dibeli di apotek? atau tips triknya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AR,

Skabies adalah penyakit pada kulit yang disebabkan oleh gigitan kutu. Biasanya menyerang orang-orang yang tinggal serumah, dan terasa semakin gatal saat malam hari dan muncul beruntusan kecil-kecil seperti biang keringat.

Penyebab gatal.

Beberapa penyebab lain yang dapat menimbulkan gatal dan bentol-bentol pada kulit adalah:

  • Alergi. Alergen yang sering menimbulkan reaksi alergi adalah makanan seperti seafood, cokelat, kacang, cuaca dingin, debu, serbuk bunga, atau bulu binatang.
  • Infeksi jamur.
  • Dermatitis.

Yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi gatalnya:

  1. Hindari hal-hal yang sekiranya bisa memicu alergi. Untuk sementara waktu hanya makan sayur dan daging sapi saja, lain-lain bisa dihentikan dulu.
  2. Jaga kebersihan kulit dengan rajin mandi dan berganti pakaian.
  3. Kompres dengan es batu bila terasa gatal.
  4. Oleskan bedak salisil.
  5. Obat antihistamin seperti cetirizine yang sudah Anda miliki bisa diteruskan untuk meredakan gatalnya, namun bukan menghilangkan penyebabnya.

Sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter kulit untuk memastikan apa penyebab gatal Anda, karena bila muncul bentol-bentol yang besar kemungkinan bukan karena skabies.

Namun bila akibat skabies, maka Anda bisa membaca cara pengobatannya di tautan berikut ini.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ketidakseimbangan hormon menjadi salah satu pemicu kandidiasis vagina

Kandidiasis Vagina Penyebab Iritasi Vagina, Benarkah Demikian?

Kandidiasis vagina adalah infeksi jamur pada vagina yang dapat menyebabkan terjadinya iritasi vagina. Iritasi vagina merupakan gejala umum kandidiasis vagina. Langkah pencegahannya adalah bersihkan area genital luar secara teratur dengan air.