Mengapa bulan ini saya belum menstruasi?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 17 Tahun
Selamat malam dokterDok, saya terakhir dateng bulan ituu di bulan awal juni. Biasanya saya halangan di akhir bulan, berarti seharusnya saya dateng bulan awal bulan tetapi kok saya belum dateng bulan ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Menstruasi normal terjadi pada wnaita sejak usia remaja sampai dengan wanita tersebut mengalami masa menopause. Normalnya seorang wanita memiliki siklus menstruasi 21 hari sampai dengan 35 hari. Untuk mengetahu siklus menstruasi dapat dihitung dari hari pertama menstruasi pada bulan ini hingga hari pertama menstruasi kembali pada bulan berikutnya. 

Adapun beberapa faktor yang dapat mempengaruhi siklus menstruasi yaitu:

  • Stres
  • Aktivitas fisik yang berlebihan
  • Gangguan hormon
  • Gangguan pada organ reproduksi wanita
  • PCOS
  • Obesitas
  • Pengaruh obat-obatan
  • Efek samping dari penggunaan alat kontrasepsi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, perhitungan siklus menstruasi adalah dengan cara menghitung jumlah harinya, bukan berdasarkan tanggal yang sama setiap bulannya. Hal ini dikarenakan,setiap bulan memiliki jumlah hari yang berbeda-beda. Sehingga memungkinkan tanggal menstruasi yang tidak sama setiap bulannya. 

Beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar siklus menstruasi tidak terlambat adalah dengan menghindari stres dan kelelahan, lakukan istirahat cukup, konsumsilah makanan yang bergizi seimbang, cukupi kebutuhan cairan harian Anda, lakukan olahraga rutin agar badna tetap sehat.

Bila terdapat keluhan terkait siklus menstruasi atau organ reproduksi wanita, periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan terdekat.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Telat haid 2 hari belum tentu termasuk tanda hamil

Apakah Telat Haid 2 Hari Termasuk Tanda Hamil? Ini Penjelasannya

Telat haid 2 hari bisa jadi tanda kehamilan, namun bisa juga mengindikasikan adanya masalah kesehatan lain dalam tubuh Anda. Berikut penjelasan seputar permasalahan ini.