12 Mar 2021, 20:47Penyakit Lainnya

Apa yang menyebabkan keluar darah dari anus ?

DC
Info Penanya: DC0
Hallo dok, saya mau tanya kenapa ya anus saya sering mengeluarkan darah tanpa saya sadari dan tidak merasakan sakit atau gatal. Mohon pencerahannya
167 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, D.Keluar darah dari anus berupa darah segar maupun darah berwarna hitam terlebih secara terus menerus dan dalam jumlah yang cukup banyak membuat penderitanya merasa cemas. Keluar darah yang berlangsung lama juga dapat mencetuskan terjadinya anemia dengan gejala rasa lemas, tidak semangat, lelah, mudah mengantuk, konsentrasi menurun, pusing dan mual.

Apa yang menyebabkan keluar darah dari anus ?

Keluhan keluar darah dari anus tanpa ada rasa sakit dan gatal yang Anda alami dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :
  • Ambeien dimana terjadi pelebaran pembuluh darah anus akibat tekanan besar karena sering mengangkat beban berat, terlalu lama mengedan, BAB keras, kebiasaan membawa HP ke toilet, kurang mengkonsumsi serat dan cairan, kehamilan dan proses melahirkan, pekerjaan yang membuat duduk terlalu lama. Ambeien dapat diikuti darah segar berwarna merah maupun darah samar tak kasat mata dengan benjolan di dalam anus maupun teraba saat sedang BAB.
  • Perlukaan pada anus akibat trauma garukan atau seks anal.
  • Perdarahan saluran cerna atas akibat konsumsi obat jangka panjang, maag kronis yang tidak diatasi dengan gejala BAB berwarna hitam pekat seperti ter.

Cara mengatasi keluar darah dari anus

Cara mengatasi keluar darah dari anus antara lain :
  • Hindari BAB dan mengedan lama.
  • Konsumsi cukup cairan serta serat.
  • Jangan duduk dalam waktu lama.
  • Jangan melakukan seks anal.
  • Hindari konsumsi obat-obatan tanpa indikasi medis dalam jangka waktu lama.
  • Minum suplemen zat besi.
Lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis bedah jika BAB berdarah bertambah banyak, terasa nyeri, diikuti benjolan yang keluar dari anus dan tidak dapat masuk kembali.Semoga bermanfaat,Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
seratwasirpola hidup sehat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil