Saya terlambat menstruasi

VK Info Penanya: VK
Dok, umur saya 16 tahun. Saya bulan Mei terakhir selesai datang bulan sekitar tanggal 19, lalu di bulan Juninya mulai menstruasi tanggal 22 dan selesai sekitar tanggal 27. Di bulan Julinya saya sama sekali belum datang bulan sampai sekarang, ini karena apa ya? apa kondisi seperti ini normal?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam VK,

Jika di bulan Mei haid ditanggal 19 dan dibulan Juni haid di tanggal 22 berarti siklus menstruasinya adalah 33 hari dan harusnya sudah menstruasi di tanggal 25-27 Juli. Jika masih belum haid berarti mengalami keterlambatan menstruasi. Tidak perlu khawatir atau cemas jika mengalami terlambat menstruasi, karena bisa beragam hal yang menyebabkannya termasuk salah satunya adalah gaya hidup atau kebiasaan harian.

Pada masa pandemi ini, kegiatan atau aktivitas sehari-hari bisa berubah dan bisa menjadi penyebabnya seperti:

  • Aktivitas harian menjadi tidak menentu
  • Tidak jarang juga bisa mengalami kebosanan ataupun menimbulkan beban pikiran
  • Pola tidur juga bisa berubah menjadi lebih banyak begadang dan tidur menjadi kurang
  • Kebisaan rebahan atau kurang aktivitas fisik
  • Pola makan yang tidak teratur

Perubahan dan gaya hidup seperti ini bisa berpengaruh pada siklus menstruasi dan bisa menyebabkan terlambat haid. Untuk itu perlu diperhatikan dan dilakukan perbaikan agar pola hidup bisa lebih sehat dan bisa membantu melancarkan haid. Tidak lupa juga perlu menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan bergizi.

Apabila nantinya tidak haid juga sampai bulan depan atau sampai 2 bulan kedepan, perlu menceritakan hal ini pada orang tua agar bisa diantar memeriksakan diri pada dokter atau dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan dan diberikan penanganan sesuai dengan penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat nyeri haid yang bisa dibeli di apotek

Pilihan Obat Nyeri Haid yang Bisa Dibeli Bebas di Apotek

Obat nyeri haid yang ampuh saat ini sudah dapat Anda beli sendiri di apotek tanpa resep dari dokter. Umumnya, obat jenis ini masuk ke dalam golongan obat OAINS.