06 Oct 2020, 20:03Kandungan

Telat KB 5 hari apakah bisa hamil?

FB
Info Penanya: FB0
Selamat malam Dok saya suntik KB 3 bulan selama ini rutin tidak pernah lupa,tapi untuk bulan ini saya lupa telat 5 hari suntik KB,apa saya bisa hamil dok anak saya baru 2 thn dan suami belum siap punya anak lagi bgmana dok
3150 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang FB,KB suntik 3 bulan adalah metode kontrasepsi yang diberikan penyuntikan hormon setiap 12 minggu sekali. Untuk memberikan kekebalan yang optimal, perlu melakukan penyuntikan sesuai jadwal. Apabila terlambat suntik KB dan melakukan hubungan seksual ketika terlambat, kemungkinan hamil bisa saja terjadi meskipun untuk KB suntik bisa memerlukan waktu untuk kembali suntik jika sudah lepas KB.Jika saat terlambat KB melakukan hubungan seksual, bisa coba pastikan hamil tidak dengan melakukan testpack 1 minggu setelahnya. Dan jika tidak hamil bisa kembali melanjutkan penggunaan KB suntik.

Jenis alat kontrasepsi lain

Jika mengalami kendala untuk mengingat waktu suntik KB, dapat disarankan untuk mengganti metode kontrasepsi lain yang tidak perlu dilakukan konsumsi berulang ataupun disuntikan pada beberapa waktu tertentu. Beberapa pilihannya seperti:
  • KB spiral atau IUD
  • KB implan
KB spiral dan KB implan sendiri bisa digunakan sampai beberapa tahun kedepan dan hanya memerlukan 1 kali pemasangan tanpa perlu kembali setiap beberapa bulan. Jika masih ingin menunda hamil dalam waktu yang panjang, kedua metode ini bisa dipertimbangkan. Belum lagi jika ingin kembali hamil, setelah melepas alat KB tidak memerlukan waktu untuk kembali subur. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
penggunaan kbmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil