10 Oct 2020, 03:43Kandungan

Telat menstruasi, apakah pasti hamil?

I
Info Penanya: I0
Saya teat mens harusnya saya mens tgl 5 oktober ini udah tgl 9 oktober tapi saya blm haid trs saya lagi sakit batuk2 mau minum obat batuk takut lagi ngisi vngk ngerasain mual kadang cmn pusing donk saya kira2 hamil apa ngk ya dok
286 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, ITerima kasih atas pertanyaan AndaMenstruasi adalah proses keluarnya darah dari vagina yang normal dan secara rutin terjadi pada wanita sejak masa pubertas hingga menjelang masa menopause. Siklus menstruasi wanita normal berkisar antara 21 hari hingga 35 hari, dengan rata-rata wanita berisklus menstruasi 28 hari. Untuk mengetahui siklus menstruasi, harus dihitung berdasarkan jumlah hari mulai dari hari pertama menstruasi terakhir, sampai dengan hari pertama pada menstruasi di bulan berikutnya. Sehingga, menstruasi setiap bulan bisa datang di tanggal yang berbeda karena setiap bulan mempunyai jumlah hari yang berbeda. Telat menstruasi kerap kali dikaitkan dengan kehamilan, terlebih ketika adanya riwayat melakukan hubungan seksual sebelumnya. Walaupun salah satu penyebab telat menstruasi adalah kehamilan, namun terdapat beberapa kondisi yang dapat mempengaruhi dan menyebabkan siklus menstruasi menjadi terlambat.

Kondisi yang dapat menyebabkan telat menstruasi adalah:

  • Stres, kelelahan, kecemasan
  • Berat badan tidak ideal
  • Gangguan hormon pada tubuh, seperti PCOS
  • Adanya masalah pada kesehatan organ reproduksi
  • Efek samping dari penggunaan obat, ataupun KB
Terkait dengan keluhan Anda, jika siklus haid masih dalam rentang 21 - 35 hari maka masih dianggap normal. Selain itu maju - mundur sekitar 5 hari juga masih diangap normal. Beberapa kemungkinan penyebab sudah di sampaikan di atas. Jika terdapat riwayat melakukan hubungan seksual, lakukanlah tes kehamilan dengan cara yang benar untuk mendeteksi kehamilan. Mual, muntah, pusing, lemas, bukan tanda pasti dari kehamilan. Anda juga bisa melakukan pemeriksaan ke dokter spsialis kandungan untuk mengetahui penyebabnya dan dilakukan USG kehamilan.Pastikan Anda tetap mengonsumsi makanan yang bergizi, konsumsi sayur dan buah, hindari stres, dan beristirahat dengan cukup agar tubuh tetap bugar. Semoga bermanfaat.
Salam sehat.
 dr. Dwiana A
siklus haidhamilhaid
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil