Apakah sperma yang menempel di celana dapat menyebabkan kehamilan?

SU Info Penanya: SU, Pria, 1 Tahun
Slmat mlm Dok, sy mau tnya Kemarin sy mengalami mimpi basah terus celana dalam sy,sy lepas d gantungan d wc kemudian pasangan sy angkat celana dalam sy untuk di cuci di mesin cuci kemudian d keringkan dgn mesin cuci kemudian di jemur d tempat yg panas apakah itu dapat menyebabkan hamil dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Sperma adalah sebuah sel yang dihasilkan oleh organ reproduksi pria. Sperma berperan penting untuk proses pembuahan bila dalam program hamil. Satu sel sperma saja yang bisa lolos kedalam rahim dan bertemu dengan sel telur wanita, bisa menyebabkan kehamilan. 

Sel sperma mampu bertahan hidup setelah dikeluarkan oleh tubuh pria tergantung dari lokasi sekitarnya. Bila dikleuarkan di dalam rahim, sperma yang bagus dan sehat mampu bertahan hingga 5 hari, namun bila di luar ruangan hanya bertahan beberapa jam atau bahkan hanaya beberapa menit saja, kemudian sel sperma akan mati karena adanya perbedaan suhu, kelembaban, dan juga faktor-faktor yang lainnya.

Terkait dengan pertanyaan Anda, untuk mendukung terjadinya peroses kehamilan perlu dilakukan hubungan seksual dengan pria melakukan ejakulasi di dalam vagina agar dapat memudahkan sel sperma masuk ke dalam rahim. Bilamana Anda mengalami mimpi basah dan terdapat sperma yang mengering pada celana kemudian celana tersebut dicuci, sudah dipastikan bahwa sel sperma tersebut mati. Sehingga tidak memungkinkan untuk dapat menyebabkan kehamilan.

Tetaplah mengonsumsi makanan bergizi, jaga kerbersihan area kemaluan, ganti pakaian dalam 2 - 3 kali dalam sehari, dan cukupi kebutuhan cairan harian Anda.

Bila terdapat keluhan terkait masalah organ reproduksi pria seperti kualitas sperma, disfungsi ereksi atau keluhan lainnya dapat melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis Andrologi terdekat.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh SU
01 Jul 2020, 22:10
Dok sy lanjut cerita Celana dalam sy yg terkena sperma di cuci campur dgn smua pakaian termasuk celana dalam Kaka perempuan sy dgn adik perempuan sy, Dok tolong berikan penjelasan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
02 Jul 2020, 11:34
Selamat siang,
Apabila sperma sudah diluar terkena udara tidak bisa bertahan hidup lama, apalagi jika terkena sabun maka sel sperma akan mati. Jadi tidak bisa menempel pada pakaian lain apalagi membuat hamil. Salam sehat
Dibalas oleh SU
02 Jul 2020, 13:20
Ohh makasih dok atas penjelasannyaTapi dok celana dalam sy di cuci campur dgn celana dalam Kaka adik perempuan sy Apakah itu tidak apa dok ?? Dokter tolong berikan penjelasan dok, sy sangat takut dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
02 Jul 2020, 19:44
Selamat malam, SU.
Tidak apa-apa ya, seperti dikatakan oleh rekan saya bahwa sperma jika sudah berada diluar tidak akan bertahan hidup dan tidak akan menyebabkan kehamilan ya.
Dibalas oleh RT
22 Aug 2020, 18:07
Dokter, saya baru saja membersihkan kulkas, nah ternyata lap yang saya pakai itu bekas ngelap sperma, apakah sperma itu akan berkembang dok, soalnya saya takut sperma tadi menyerap terkena makanan dan minuman isi kulkas tersebut, saya juga takut kalau di dalam kulkas saya terdapat sperma yang berkembang, karna tadi saya mengelap nya memakai kain yang bekas ngelap sperma
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
23 Aug 2020, 07:46
Selamat pagi RT,
Tidak ya, sperma tidak bisa hidup lama di luar tubuh. Jika sudah di luar tubuh sperma tidak akan lama hidup, rata-rata sperma bisa hidup di luar tubuh selama 2-3 menit, apalagi jika di suhu dingin, sperma akan lebih cepat mati.
Salam sehat.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hasil tespek positif hamil

Mungkinkan Melakukan Hubungan Seks saat Haid Menyebabkan Kehamilan?

Periode ovulasi setiap wanita berbeda-beda. Jika Anda memiliki siklus menstruasi lebih panjang, Anda masih tetap dapat hamil jika berhubungan seks saat menstruasi.